Cara Mempelajari Present Continuous

Cara Mempelajari Present Continuous

Tenses atau kalimat penunjuk waktu bahasa Inggris bisa dibagi menjadi present, past, dan future. Selain itu tenses ini bisa kita bagi lagi menjadi continuous, simple, dan perfect. Nah, progressive yang ingin kita bicarakan kali ini berada pada present, jadinya present continuous atau disebut juga present progressive. Continuous tenses sebenarnya merujuk kepada sebuah keadaan yang terjadi dalam selang waktu tertentu dan masih terjadi saat dibicarakan. Berikut ini adalah cara-cara mempelajari Present Continuous Tenses.

1. Latihlah pemakaiaan present continuous dengan memilih subyek dan peristiwa yang sedang terjadi pada masa sekarang. Sebagai contoh, pilihlah nama Sherina sebagai subyek kita dan “travel” sebagai kejadian yang sedang berlangsung.

2. Kombinasikan subyek dengan auxiliary verb atau kata kerja bantu “be”. Bentuknya bisa berupa “am”, “are”, atau “is”.

3. Tambahkan “ing” pada verb. Sebagai contoh, travel menjadi travelling. Kini kita memiliki sepotong kalimat yaitu “Sherina is travelling”.

4. Lengkapi kalimat dengan tambahan informasi mengenai bagaimana caranya subyek menyelesaikan kegiatannya. Contohnya: “Sherina is travelling to Bandung”.

Tips tambahan

  • Kita juga bisa menggunakan present continuous untuk menjelaskan kejadian di masa depan. Sebagai contoh: “I am driving to Bandung tomorrow”.
  • Balik urutan subyek dan auxiliary verb untuk membuat pertanyaan. Contohnya: “Is she talking to Agnes”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s