Cara Menulis Past Tense Orang Ketiga

Dari sudut pandang kita menulis dan kalimat yang digunakan, dapat membuat pembaca tulisan kita untuk mengerti atau bisa jadi malah bingung dengan apa yang kita maksudkan. Sebuah artikel bahasa Inggris yang ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang pertama (menggunakan “I” sebagai subyek) dapat memberikan kesan berbeda dengan artikel yang ditulis dalam sudut pandang orang ketiga (seperti “he” atau “she” sebagai subyek). Selain itu, konsistensi dalam membuat kalimat juga hal yang penting. Dan jika anda menulis sesuatu peristiwa yang sudah pernah terjadi dalam waktu lampau, maka kalimat bentuk past tense adalah yang paling tepat. Berikut ini adalah cara menulis kalimat past tense untuk sudut pandang orang ketiga dalam sebuah artikel.

1. Tentukan subyek tulisan anda. Perhatikan bahwa subyek orang ketiga tidak dimulai dengan “I” (sebagai penulis) atau “you” (sebagai pembaca). Sebagai contoh, jika anda menulis artikel fiksi maka anda akan membuat atau menciptakan nama subyek orang ketiga anda. Lain lagi jika anda menulis artikel ilmiah, orang ketiga anda bisa jadi nama penulis yang anda sitasi. Identifikasikan subyek orang ketiga dengan menggunakan nama, ataupun kata ganti orang seperti “he”, “she”, atau “they”.

2. Pilih kata kerja atau verb yang anda ingin gunakan. Cara membuat kata kerja atau past tense verb sangat tergantung dari verb yang kita pilih. Regular verbs atau kata kerja biasa untuk kalimat past tense biasanya berakhiran “-d” atau “-ed”. Sebagai contoh, “dance” berubah menjadi “danced”, dan “ask” berubah menjadi “asked”. Sedangkan Irregular verbs atau kata kerja yang tidak normal tidak mengikuti aturan ini, kata-kata ini memiliki bentuk past nya sendiri. Contohnya adalah, “see” menjadi “saw”, dan “run” menjadi “ran”. Tentukan past tense verb yang ingin anda gunakan.

3. Kombinasikan subyek orang ketiga dan past tense verb agar menjadi satu kalimat utuh. untuk contoh, jika oang ketiga anda bernama Sherina dan anda ingin menulis mengenai dia yang menyanyi di depan orang-orang, kalimat benernya adalah sebagai berikut: “Sherina sang to the crowd”. Dengan begitu anda memiliki subyek orang ketiga dan past tense verb dalam sebuah kalimat utuh.

Tips tambahan:
Periksa kembali penggunaan kalimat anda, dan pastikan bahwa anda menulisnya secara konsisten. Tulisan anda akan membuat para pembaca kebingungan jika tiba-tiba anda menggunakan orang pertama “I” sebagai subyek, padahal dalam tulisan sebelumnya anda menggunakan orang ketiga sebagai subyek. Selain itu, jika tiba-tiba anda menggunakan kalimat present tense atau kalimat future tense maka pembaca anda bener-bener akan kebingungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s