Cara Mengakhiri Surat Bahasa Inggris

Kata-kata terakhir dalam sebuah surat bahasa Inggris sangatlah penting dikarenakan merupakan bagian terakhir yang dibaca oleh penerima surat. Menutup surat dengan kalimat yang baik akan memberikan kesan baik bagi penerima surat.

Untuk diingat, sebelum menutup surat berikanlah rangkuman dari isi surat pada bagian terakhir paragraf untuk memastikan penerima surat mengerti poin-poin penting dari surat kita.

1. Surat Resmi,

Ketika menutup surat resmi bahasa Inggris, anda pastinya ingin tampak sopan dan penuh perhatian tanpa terlihat terlalu emosional atau sentimentil. Akhiri paragraf anda dengan menyebutkan poin-poin utama dari surat anda.

Jika anda menulis surat kepada mitra bisnis anda baik yang sudah berjalan maupun yang akan menjadi rekan kerja di masa depan, akhirilah dengan “It’s been a pleasure working with you on this project” atau “Looking forward to working/speaking with you”. Pada baris terpisah selanjutnya, lengkapi dengan salam penutup seperti “Regards”, “Sincerely”, atau “Yours truly”.

2. Surat untuk karyawan,

Saat menutup surat untuk karyawan dalam bahasa Inggris, anda ingin menciptakan impresi bahwa anda peduli akan pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan anda tersebut. Tanpa adanya komunikasi antara anda maupun karyawan anda menyebabkan terciptanya suasana tidak baik di kantor.

Gunakan paragraf terakhir sebagai pengingat akan poin-poin utama surat anda. Akhiri surat anda dengan menuliskan beberapa hal dalam surat anda, seperti “Once again, thank you for taking the time to meet with me” atau “Looking forward to hearing from you soon”.

Di baris terpisah, sebelum tandatangan, sertakan kata-kata sopan seperti “Regards”, “Sincerely”, ataupun “Respectfully yours”.

3. Surat pribadi,

Jenis surat pribadi dalam bahasa Inggris tidaklah membutuhkan formalitas dan struktur surat resmi. Bagaimanapun, surat type ini tetap harus diakhiri dengan baik agar pembaca surat merasa bahwa kita peduli. Tutup surat kita dengan salam hangat.

Apabila penerima surat sedang sakit, anda bisa menyertakan kata-kata seperti “Feel better soon” atau “We’re thinking of you”. Kalimat lainnya yang bisa digunakan adalah “Very truly yours”. Lalu tuliskan nama anda pada bagian akhir surat.

4. Surat cinta,

Surat cinta dalam bahasa Inggris maupun surat kepada keluarga bentuknya tidak terlalu formal seperti surat kepada teman dikarenakan anda dan penerima surat mempunyai hubungan yang sangat dekat.

Ketika menulis surat cinta, bagian terpenting adalah mengakhiri surat dengan kata-kata terbaik yang menunjukkan bahwa anda peduli dan cinta terhadap orang tersebut sehingga penerima surat akan merasa sangat spesial. Rangkum surat anda dengan menyebutkan pada bagian akhir paragraf tentang perasaan anda dan ungkapkan keinginan anda untuk bertemu dengannya lagi.

Tutup dengan kata-kata manis seperti “Love”, “Love always”, “Thinking of you”, “Much love”, “Hugs and Kisses”, atau “Always yours”. Jika parner anda mempunyai nama kesayangan untuk anda, anda bisa menggunakannya, jika tidak gunakanlah nama asli anda.

3 thoughts on “Cara Mengakhiri Surat Bahasa Inggris

  1. Vicaksani October 13, 2014 / 17:05

    Nice post! 🙂 saya sempat bingung mau pake Love ato Lovely. Thank you ya 😀

      • Vicaksani December 17, 2014 / 12:26

        Oke oke 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s