Cara Menulis Surat Ijin Pakai Bahasa Inggris

Suatu ketika anda mungkin butuh untuk menulis surat ijin dalam Bahasa Inggris kepada sekolah maupun ke bos anda bila tak bisa datang. Ketidakhadiran anda kesekolah maupun tidak hadir kerja bisa saja direncanakan maupun tidak direncanakan, dan merupakan hal yang profesional jika anda memberikan surat ijin secara resmi. Orangtua juga mungkin membutuhkan surat jenis ini apabila ingin menuliskan surat untuk anak mereka. Dalam menuliskan surat ini berikanlah tanggal dan jelaskan alasan anda tak bisa datang kesekolah atau tak bisa datang kerja.

  1. Tulis surat anda dengan format standar surat bisnis, mulai dari nama dan alamat anda diikuti dengan tanggal, lalu nama dan alamat penerima surat, semuanya pakai format rapat kiri. Kemudian gunakan salam yang formal seperti Dear Mr/Ms.
  2. Berikan secara detail tanggal anda absen. Hal ini berlaku baik sebelum anda absen maupun setelah anda absen.
  3. Jelaskan secara detail alasan anda tidak masuk atau absen, apakah itu karena sakit atau karena ada acara keluarga. Jika absen anda lebih dari tiga hari, sekolah maupun perusahaan akan meminta dokumentasi dan bukti seperti surat dokter.
  4. Jelaskan atau mintalah tugas tambahan jika diperlukan. Sebagai contohnya, jika anda menuliskan surat ijin untuk anak anda, mintalah kepada guru atau wali kelas untuk memberikan PR yang ketinggalan.
  5. Berikan terimakasih kepada penerima surat untuk kebaikannya. Terakhir, tutuplah surat dengan salam penutup seperti “sincerely”. Tandatangani surat dan kirimkan.

Demikianlah panduan praktis cara menulis surat meminta ijin tidak masuk dalam bahasa Inggris. Semoga dapat mencerahkan.

tag: korespondensi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s