Surat Konfirmasi Bahasa Inggris

Surat konfirmasi atau confirmation letter dibuat dengan tujuan untuk memberi konfirmasi akan sesuatu atau memberikan persetujuan secara tertulis supaya tidak terjadi kesalah-pahaman.

Beberapa penggunaan surat ini yaitu:

  • Memberi konfirmasi kepada seseorang mengenai jasa atau pelayanan yang akan ia gunakan.
  • Memberi konfirmasi dari penjual kepada pembeli mengenai barang yang dipesan.
  • Memberi konfirmasi bahwa organisasi telah menerima file, laporan, dokumen penting, atau lainnya.
  • Memberi konfirmasi dalam hal travel, seperti memberi konfirmasi mengenai hotel yang telah dipesan atau pesawat yang digunakan baik dari pemesan travel maupun dari pihak travel agent.
  • Memberi konfirmasi mengenai waktu rapat atau pertemuan.

Aturan dalam membuat surat konfirmasi

1. Untuk organisasi, surat harus menggunakan kop surat supaya terlihat professional. Untuk personal, surat harus menggunakan kertas dengan kualitas yang baik.

2. Untuk organisasi, surat harus dimulai dengan nama dilengkapi alamat penerima surat. Tidak perlu memberi alamat pengirim karena sudah ada dalam kop surat. Untuk personal bisa menggunakan format surat block.

3. Surat harus ditujukan langsung kepada orang yang membutuhkan konfirmasi mengenai jasa yang digunakan, dokumen, ataupun waktu pertemuan.

4. Gunakan beberapa kata seperti berikut ini untuk memulai surat konfirmasi. Tujuannya adalah supaya pembaca surat langsung mengerti maksud dari surat tersebut.

  • as per our telephonic conversation, I confirm..,
  • as per our discussion, I confirm..

5. Semua data penting yang mau kamu konfirmasi seperti tanggal, waktu, dan tempat perjanjian harus dituliskan pada bagian awal paragraf supaya penerima surat langsung mengerti tujuan dibuatnya surat.

6. Gunakan beberapa kata seperti berikut ini untuk memberikan konfirmasi.

  • I am acknowledging receipt of…
  • I hereby acknowledge the receipt of the following documents…

7. AKhiri surat dengan potongan kalimat berikut ini supaya apabila ada masalah dalam keterangan konfirmasi maka penerima surat bisa membalas surat dengan segera.

  • please inform me if you need further information about…
  • please write to me if you need to add…
  • If I may be of any assistance…, please do not hesitate to call

8. Surat harus sistematis, jelas dan professional serta menggunakan bahasa yang halus dan positif.

9. Gunakan font seperti Times New Roman atau Arial. Selain itu ukuran font harus mudah dibaca.

10. jangan ada kesalahan dalam grammar maupun penulisan. Periksa beberapa kali setiap kata dan detail sebelum mengirim surat.

Contoh Surat Konfirmasi Bahasa Inggris

Contoh 1 – Surat memberikan konfirmasi bahwa telah menerima surat dari seseorang.

surat konfirmasi bahasa inggris C1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s