Kampanye Peduli Lingkungan Melalui Video

Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang mulai gencar mengkampanyekan tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup. Aksi ini bukanlah gerakan iseng tanpa sebab, namun mereka yang ikut mensukseskan gerakan peduli lingkungan hidup ini memang benar-benar peduli terhadap kelestarian lingkungan yang sudah mulai terancam.

Kerusakan Lingkungan Akibat Berbagai Macam Faktor

Disadari atau tidak disadari, bumi ini memang sudah banyak menunjukkan perubahannya. Mulai dari perubahan cuaca secara ekstrim, pergantian musim menjadi tak menentu, banyaknya bencana alam akibat ekosistem yang tidak seimbang dan masih banyak lainnya. Perubahan yang terjadi ini sebagian besar terjadi akibat ulah manusia.

Salah satu faktor paling berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan adalah perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang ada sampai saat ini memang membawa dampak baik bagi kehidupan umat manusia. Namun di sisi lain, penggunaan teknologi-teknologi ini juga membawa dampak buruk bagi lingkungan.

Misalnya saja seperti penggunaan AC atau air conditioner. Faktor yang kedua adalah perilaku manusia yang tidak bertanggung-jawab. Banyaknya masyarakat yang belum terlalu sadar ataupun peduli dengan kelestarian lingkungan membuat mereka bertindak sesuka hati tanpa peduli dengan efek yang akan ditimbulkan oleh perbuatannya tersebut.

Misalnya saja seperti membuang sampah sembarangan, menebang pohon dalam jumlah berlebih tanpa menanam bibit pohon yang baru, mengambil atau merusak terumbu karang, menggunakan bom untuk menangkap ikan dan masih banyak yang lainnya.

Gerakan Earth Hour yang Diprakarsai oleh WWF

Menyadari bahwa perubahan dan kerusakan lingkungan sudah semakin parah, WWF atau World Wildlife Fund mengajak masyarakat internasional untuk mulai peduli terhadap kelestarian lingkungan serta keseimbangan ekosistem alam. Lembaga ini merupakan salah satu lembaga yang mengajak masyarakat internasional untuk melakukan aksi peduli lingkungan dengan cara yang sederhana.

Salah satu program tahunan yang sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2007 adalah Earth Hour. Dengan program ini, WWF mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk mematikan lampu atau mengurangi penggunaan listrik selama 1 jam saja. Aksi Earth Hour ini diikuti oleh lebih dari 100 negara di dunia yang tersebar di 6 wilayah yaitu Asia, Eropa, Amerika Selatan, Afrika, Oseania dan Amerika Utara.

Meskipun terkesan sederhana, aksi ini sangat didukung oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia. WWF menyadari bahwa aksi sederhana seperti ini akan jauh lebih menarik minat masyarakat luas untuk mulai peduli terhadap lingkungan karena sangat mudah untuk dilakukan.

Selain itu, meskipun masyarakat di seluruh dunia hanya mematikan lampu atau mengurangi listrik selama satu jam saja, tetapi jika dilakukan secara serentak efeknya akan menjadi luar biasa. Penggunaan listrik bisa berkurang secara drastis, sehingga energi yang digunakan pun juga akan lebih sedikit.

Di tahun 2013 ini, WWF internasional akan kembali mengadakan aksi earth hour yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret mendatang. Di aksinya yang kali ini, WWF mengeluarkan sebuah tagline yang berbunyi ‘I Will if You Will’ atau yang lebih dikenal dengan slogan ‘Ini Aksiku! Mana Aksimu?’ di Indonesia.

Untuk mensukseskan Earth Hour di tahun 2013 ini, WWF mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mendukung gerakan ini melalui lomba video yang mereka adakan. Di dalam lomba ini, masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan bisa mengirimkan aksi lingkungan bersama dengan komunitas maupun institusinya melalui video berdurasi 60 detik. Aksi yang direkam dalam video bisa berupa kampanye untuk mengajak masyarakat mengurangi penggunaan tisu, penggunaan kertas ataupun menghemat penggunaan listrik.

Kampanye Peduli Lingkungan Melalui Video

Sebelum Earth Hour. Photo used under Creative Commons from Brisbane City Council

Kampanye Peduli Lingkungan Melalui Video

Saat Earth Hour. Photo used under Creative Commons from Brisbane City Council

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s