Mengetahui Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup

Mengetahui Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup

Banjir Jakarta. Photo used under Creative Commons from nSeika

Sebelum mengerti tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, ataupun berbicara lebih jauh tentang lingkungan hidup mengetahui konteks dan ruang lingkup dari lingkungan hidup merupakan satu hal yang tidak dapat terlewatkan.

Definisi penting tentang lingkungan hidup adalah bukit dan pegunungan serta luasnya lautan yang membentang dan dataran yang bermandi sinar matahari dan merupakan lingkungan alam yang amat sangat penting untuk dilestarikan untuk terciptanya kehidupan yang aman, sehat dan tenteram.

Jika menitik beratkan pada beberapa pasal perundang undangan tentang lingkungan hidup di Indonesia, akan sangat terkait tentang definisi dasar lingkungan hidup sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari berbagai elemen dan kekayaan hayati yang beraneka ragam, oleh karena itu lingkungan hidup sangat mempengaruhi kehidupan mahluk hidup yang hidup didalamnya.

Ruang lingkup dari lingkungan hidup terdiri dari berbagai jenis komponen dan akan saling berkesinambungan termasuk didalamnya ekosistem sebagai kesatuan hidup antara organisme-organismenya serta lingkungan itu sendiri.

Ada baiknya jika merencanakan untuk mengetahui cara efektif pengambilan hasil hutan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan serta mengaplikasikan system pemotongan dengan cara tebang pilih yang akan selalu memastikan bahwa pohon yang benar benar akan di tebang adalah jenis pohon yang sudah layak tebang.

Melestarikan Lingkungan Hidup

Ada berbagai cara positif yang ternyata akan membuahkan hasil maksimal jika dilakukan dengan sungguh-sungguh seperti menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan tidak sembarangan melakukan penebangan liar.

Ada baiknya jika anda mencoba menggalakan program penanaman pohon dan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan karena akibat dari membuang sampah sembarangan adalah banjir di berbagai tempat. Jadi, jika tidak terpelihara dengan baik akan ada banyak dampak buruk bagi lingkungan yang juga akan berimbas pada kehidupan manusia dan kondisi ekosistem di sekitarnya.

Ingatlah selalu, bahwa pada awalnya dulu keadaan lingkungan di sekitar kita dalam kondisi sehat dan selalu berkualitas karena perawatan yang baik.

Namun sangat disayangkan, akibat dari meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat modern telah terjadi berbagai bentuk eksploitasi lingkungan yang sangat berlebihan seperti penebangan liar atau yang juga biasa dikenal sebagai pembalakan liar sehingga terjadi berbagai bencana seperti hutan gundul dan polusi udara karena hutan tidak lagi bisa untuk berfungsi secara optimal.

Berbagai Masalah Lingkungan Hidup

Selain masalah penebangan hutan liar, ada berbagai macam masalah lingkungan hidup yang terjadi di Nusantara dan harus selalu dicermati dengan baik seperti masalah pengeboran liar ataupun masalah pelik lumpur Lapindo yang belum kunjung usai pemecahannya dan juga masalah pencemaran lingkungan akibat limbah yang dibuang secara sembarangan dan tentu saja akan merugikan ekosistem di sekitarnya.

Bahkan ledakan perkembangan penduduk juga disinyalir sebagai salah satu faktor kerusakan lingkungan akibat penggundulan hutan liar dan pembangunan industri secara besar besaran sehingga menimbulkan berbagai permasalah lingkungan modern seperti pencemaran lingkungan, tanah dan juga air.

Bahkan, ada juga bencana lainnya yang terjadi seperti banjir karena kurangnya wilayah resapan air dan juga meningkatnya polusi udara akibat jumlah pemakaian kendaraan bermotor yang tinggi. Pencemaran lingkungan dan berbagai permasalahan yang terjadi merupakan hal yang sudah umum bagi negara berkembang.

Bahkan kebutuhan yang tinggi masyarakat modern ternyata sangat mengeksploitasi lingkungan seperti sumber-sumber alam yang menjadi berbagai bahan baku dalam dunia industri, dan berakibat rusaknya ekosistem di sekitar kita. Pembuangan limbah secara sembarangan juga merupakan masalah besar di beberapa negara dunia, Jadi, system penetralan limbah amat penting untuk dilakukan, demi mencegah terjadinya polusi lingkungan akibat limbah buangan pabrik.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s