Memahami Apa Itu Lapisan Ozon dan Pengaruhnya Terhadap Bumi

Memahami Apa Itu Lapisan Ozon dan Pengaruhnya Terhadap Bumi

Photo from NASA Goddard Space Flight Center under Creative Commons

Apa itu Lapisan Ozon?

Kita sering mendengar tentang lapisan ozon dan sering menyebut kata ini di mana-mana, namun apakah sebenarnya kita benar-benar mengerti secara pasti apakah itu lapisan ozon?

Ozon sendiri adalah gas yang terbentuk secara alami di atmosfer bumi yang mengandung berbagai macam unsur kimia yang berfungsi menahan radiasi sinar matahari langsung ke permukaan bumi. Di dalam lapisan ozon ini terdapat beberapa unsur kimia berlapis masing-masing di tiap lapisan atmosfer, seperti tropposfer, stratosfer dan lainnya.

Jika radiasi sinar matahari langsung mencapai bumi, bayangkan apa yang terjadi?

Berarti lapisan ozon sudah rusak dan radiasi sinar ultra violet terutama UV B akan mengganggu keseimbangan lingkungan bumi.

Dari beberapa penelitian, kondisi lapisan ozon di akhir 2011 memang sudah lebih baik di banding kondisi di tahun 1991. Dimana di saat itu kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Namun dari hasil foto satelit terakhir para peneliti, lapisan ozon sudah kehilangan partikel ozon seluas 18.12 km2 dan daerah kutub, Skandinavia, Rusia dan Australia terjadi penipisan.

Apa saja bahan yang dapat menyebabkan lapisan ozon itu rusak?

Biasanya bahan ini digunakan untuk industri manufaktur seperti AC dan Sterofoam. Karena industri ini menggunakan CFC dan HCFC yang sangat bisa merusak lapisan ozon. Selain itu, industri kosmetik seperti hairspray juga menggunakan bahan perusak ozon (BPO). Pembuatan busa jok kursi dan sol sepatu juga penyumbang terbesar kerusakan ozon.

Selain merusak lapisan ozon, BPO menyumbang penyebab terjadinya pemanasan global, karena emisi gas CO2 yang dihasilkan. Untuk itu pemerintah dan masyarakat industri harus saling bekerjasama dalam menjaga kondisi bumi agar tetap lestari dan sehat.

Beberapa upaya terus dilakukan, seperti pemerintah melakukan penghapusan BPO secara bertahap dan melakukan pengelolaan yang lebih terarah kepada industri yang menggunakan BPO sebagai bahan bakunya. Dan ini telah sukses dilakukan, sudah tidak dibolehkan penggunaan BPO seperti CFC, Halon, CTC dan TCA. Dan hanya jenis HCFC yang masih bisa di impor namuan juga diatur regulasinya.

Alternatif pengganti BPO adalah Hidrokarbon yang tidak merusak ozon dan efek pemanasan globalnya sangat kecil sehingga industri seperti industri AC dan refrigerasi bisa menggunakannya. Disini peran masyarakat sangat di harapkan sehingga BPO tidak lagi ada dan masyarakat lebih bijak dalam menggunakan bahan yang aman dalam kehidupan sehari-harinya.

Pengaruhnya terhadap Bumi dan Kesehatan

Penipisan lapisan ozon berakibat pada berbagai hal. Pemanasaan global adalah efek langsung yang terasa. Dan terganggunya kesehatan manusia adalah efek utama yang paling berbahaya dari penipisan lapisan ozon ini.

Dari data WHO di tahun 2007, penyakit kulit 90% penyebabnya adalah karena sinar matahari yang telah langsung mencapai bumi karena ada kebocoran ozon, sehinggan UV B yang sangat berbahaya bisa langsung mencapai bumi, Dan ini sungguh memprihatinkan.

Berbeda dengan UV A yang bermanfaat bagi kulit, pembentuk vitamin D untuk tulang, pembunuh bakteri, UV B jika menembus lapisan kulit akan menyebabkan kanker kulit dan kerusakan mata permanen.

Untuk menghindarinya kita hanya perlu menghindari pemaparan sinar matahari langsung tidak lebih dari 30 menit saja. Katarak juga bisa disebabkan karena radiasi UV B yang mengenai tubuh, penurunan sel imun dalam tubuh akan menyebabkan kita mudah terserang penyakit, dan sinar UV ini sangat berpengaruh pada penurunan imunitas tubuh.

Sehingga penuaan dini juga bisa timbul akibat kulit anda sudah teradiasi sinar ultra violet. Anda cukup mencegah nya dengan menghindari matahari jam 10 pagi sampai jam 4 sore dan gunakan SPF 15-50 sebagai tabir surya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s