Fungsi Air bagi Tubuh

Semua disekitar kita sebenarnya adalah kumpulan molekul-molekul kecil yang terdapat di air, yang membentuk sungai, danau, arus, dan terlebih penting lagi adalah kehidupan itu sendiri. Makhluk kecil ini hanyalah kombinasi kecil dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen, namun sangat penting keberadaannya bagi manusia dikarenakan para ilmuan dalam penemuan-penemuannya akan sebuah dunia baru yang memiliki kehidupan pasti mencari air terlebih dahulu. Tanpa air, tidak akan ada kehidupan. Air mungkin adalah kehidupan itu sendiri.

Benar, 70 % dari tubuh kita terdiri dari air. Sel-sel yang kita miliki merupakan sebuah kantung air yang mengambang. Kandungan air dalam tubuh kita pun beragam-ragam, ada yang banyak ada yang sedikit, tetapi sel darah biasanya mengandung 90% air. Umumnya air merupakan salah satu campuran dari berbagai macam substansi didalam sebuah sel, namun ada satu tempat, air merupakan campuran terbanyak dengan kandungan sebesar 95%, yaitu kandung kemih sebelum semua yang ada di kandung kemih tersebut termasuk sampah-sampahnya dibuang oleh tubuh.

Sebagian besar alasan air itu penting adalah karena ciri khasnya. Tidak ada molekul lain memiliki ciri-ciri seperti air. Karena kombinasi dari dua atom hidrogen dan atom oksigenlah air membentuk seperti segitiga, namun atom-atom oksigen menarik elektron-elektron lebih kuat daripada hidrogen. Sehingga molekul-molekul elektron berada didekat oksigen, menyebabkan seluruh atom memiliki muatan negatif terhadap oksigen dan muatan positif didekat atom hidrogen.

Saat sekelompok molekul-molekul air bergabung menjadi satu, mereka berbaris membentuk formasi, atom oksigen akan berhadapan dengan hidrogen serta atom-atom lainnya akan menempel dengan yang sejenisnya. Peristiwa ini akan menyebabkan terjadinya tegangan permukaan dan inilah alasan jika anda mengisi sebuah gelas dengan air secara perlahan-lahan sampai penuh akan terlihat lengkungan air dibagian atasnya. Air mengikat semua molekul-molekulnya menyebabkan terjadinya tegangan permukaan. Cobalah hal ini dengan alkohol, hidrogen peroksida, atau jenis-jenis fluida lainnya, anda tidak akan mendapatkan efek yang sama.

Nah, didalam tubuh kemampuan air ini menjadi sangat vital, karena bila ciri-ciri air ini tidak dimiliki maka air dalam tubuh akan mendidih pada temperatur normal. Tegangan permukaan sebenarnya berfungsi menahan air untuk tidak mendidih sehingga air tetap berfasa cairan walau berada pada temperatur tinggi.

Air juga melindungi tubuh dari perubahan suhu panas dan dingin. Dibutuhkan lebih banyak energi untuk merubah temperatur air dibandingkan fluida lainnya. selain itu tubuh kita hanya bisa berfungsi normal dalam rentang suhu yang kecil. Jika saja suhu tubuh kita banyak berfluktuasi maka kita akan merasakan kesakitan yang sangat.

Fungsi Air bagi Tubuh

Tetesan air, Photo used under Creative Commons from fox_kiyo

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s