Orang yang Sehat

Menjadi sehat sangatlah berbeda dengan berusaha meraih sehat yang berarti usaha untuk mendapatkan tubuh sehat. Jika sehat dan umur panjang begitu berarti untuk anda, maka anda haruslah melakukan berbagai macam usaha untuk mendapatkannya.

Jadi jika anda memutuskan untuk menjadi orang yang sehat dan bahagia maka hindarilah tindakan-tindakan yang dapat mendatangkan masalah terhadap kesehatan anda seperti kegemukan, kolesterol, jantung dan lainnya. Tentu saja mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kesehatan tubuh sangatlah penting. Namun ingatlah selalu anda tetap harus berusaha untuk menjadi sehat. Dan bukan berarti hanya berusaha secara pasif seperti biasanya dengan pergi ke gym. Melainkan anda tetap harus memberikan 100 persen usaha.

Diet. Langkah pertama untuk mendapatkan kesehatan maksimal bukan hanya dalam pemilihan makan, tetapi juga bagaimana cara anda makan. Makanan apapun yang anda makan pasti berhubungan dengan tubuh anda, jadi jika anda menumpuk sampah dalam tubuh anda, maka tubuh anda akan memproses sampah tersebut yang hasilnya akan merusak tubuh anda. Masukkanlah makanan yang baik kedalam tubuh anda dan anda akan mendapatkan hasil berupa tubuh sehat. Bagaimanapun juga anda harus menyadari bagaimana caranya anda makan sangatlah penting dan sepenting apa yang anda makan. Secara sekilas, jika anda makan sejumlah makanan sehat di dua waktu terpisah dalam satu hari, maka berat tubuh anda akan bertambah. Sebaliknya jika anda makan dengan jumlah sama dan jenis sama namun dimakan sebagian-sebagian dalam 6 waktu terpisah, anda akan menjadi lebih langsing. Jadi makan-makanan sehat memang penting, tetapi makan secara teratur juga penting.

Olahraga. Dalam kebiasaan inilah orang seringkali gagal, hampir segagal diet mereka. Namun berolahraga secara baik sebenarnya lebih daripada sekedar pergi ke gym atau melakukan joging di sekitar rumah. Anda tidak bisa hanya berpikir berolahraga hanya melakukan aktivitas fisik dalam sejumlah waktu tertentu, atau melatih tubuh dengan berlari dalam jarak tertentu. Anda harus memasukkan faktor usaha disana. Jika anda berolahraga menggunakan peralatan pembantu dalam waktu 20 menit maka hal itu akan berdampak berbeda dengan memaksa tubuh anda bergerak dalam waktu yang sama. Anda bisa melakukan olahraga dengan sedikit usaha dalam jumlah waktu tertentu dan hanya mendapatkan hasil sedikit. Sebaliknya akan lebih menguntungkan jika anda melakukan olahraga yang sama dan memberikan usaha maksimal di dalamnya. Sebagai contoh, jangan hanya lari sejauh 2 km saja untuk berolahraga, tetapi larilah sejauh 2 km dan hitunglah berapa waktu yang diperlukan, selanjutnya cobalah perbaiki catatan waktu anda untuk mendapatkan waktu yang lebih baik. Selain itu cobalah rubah cara berlari anda dengan berlari lebih cepat pada 1 kilometer pertama dan berlari lebih santai pada kilometer berikutnya.

Hidrasi. Tubuh manusia terdiri dari 70% air untuk suatu alasan. Hal ini dikarenakan manusia tidak mungkin hidup tanpa air, dan yang terlebih penting lagi bagi kita adalah hidup akan berjalan secara tidak baik bila kita kekurangan air. Pastinya anda akan selalu memastikan tubuh anda cukup air setiap waktunya. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan tubuh akan air tidaklah penting asalkan tubuh kita selalu kecukupan akan air sepanjang harinya. Cara terbaik apabila kita ingin mengecek apakah tubuh kita tidak kekurangan air adalah dengan melihat warna urin apakah jernih, berwarna kuning, ataupun berwarna gelap. Bila berwarna sedikit kuning artinya masih bagus, tetapi bila berwarna lebih gelap anda sudah harus minum lebih banyak air.

Tidur. Kita semua suka akan tidur, akan tetapi jika anda ingin menjadi orang yang sehat maka semua usaha kita mulai dari diet, olahraga, dan minum cukup air putih akan bermakna hanya sedikit sekali bagi kesehatan kita apabila tubuh kita tidak mendapatkan cukup waktu istirahat. Tidur memberikan kesempatan kepada sel-sel tubuh kita untuk memperbaiki dirinya dan meregenerasi kembali semua sel mati. Karena hal inilah orang yang kurang tidur terlihat seperti keracunan.

Orang yang Sehat

Tidur di kereta. Photo used under Creative Commons from Samantha Marx

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s