Venus dan Kemiripannya Dengan Bumi

Sangat dekat dengan bumi dan mempunyai beberapa kemiripan dengan bumi dalam hal berat, komponen-komponen dan unsur-unsur pembentuk planet, serta jaraknya dari matahari. Termasuk planet terestrial seperti bumi kita namun sebagian besar planet Venus mengandung CO2 dan partikel-partikel belerang. Selain itu Venus tidak memiliki air sehingga tidak mengijinkan makhluk apapun untuk hidup di planet tersebut.

Alasan Venus disebut mempunyai hubungan dengan Bumi

Meskipun terdapat banyak perbedaan antara Bumi dan Venus (Orang Indonesia menyebutnya bintang Kejora), namun para astronomer menghubungkan kedua planet tersebut berdasarkan persamaan-persamaan diatas. Bagaimana bisa planet dengan inti planet terdiri dari besi dan seukuran Venus ini menjadi begitu berbeda dengan bumi? Pertama sekali saat anda mendarat di permukaan planet Venus maka anda akan menghadapi suhu diatas 400 derajat Celcius. Hal ini dikarenakan jarak Venus sangat dekat dengan matahari sehingga mendapatkan dampak penuh dari panasnya matahari. Tidak seperti lapisan udara di sekeliling bumi, Venus tidak mengijinkan panas yang diterimanya dari matahari untuk keluar dari athmosfernya. Hasilnya adalah kematian bagi setiap spesies yang membutuhkan oksigen dan air untuk selamat sehingga tidak ada satu makhluk hidup pun bisa eksis di planet tersebut.

Ciri-ciri utama geologi planet Venus

Asrtonom amatir akan terpikat ketika melihat cincin venus pada pengamatan pertamanya. Kemudian daya tarik planet Venus akan semakin berlanjut saat astronom tersebut memperhatikan tingginya aktivitas vulkanik dipermukaan planet tersebut. Ekspedisi ruang angkasa mencatat adanya kejadian-kejadian badai dan kilat pada planet Venus tetapi tidak pernah terdapat hujan kecuali tetesan-tetesan partikel belerang. Sebenarnya kondisi ekstremnya planet venus saat ini sangatlah berbeda pada kondisi awalnya. Para ilmuan secara positif telah mengeluarkan pernyataan terdapatnya air di planet Venus pada milyaran tahun lalu. Terus penyebab planet Venus seperti sekarang ini dikarenakan adanya efek rumah kaca tak terkontrol pada periode tersebut. Namun sebagian orang beranggapan masih ada suatu bentuk kehidupan di planet Venus.

Melihat Venus dari Bumi

Karena cahayanya Venus selalu menjadi objek favorit bagi setiap astronomer dan para pengamat angkasa. Selain matahari tidak ada planet ataupun bintang seterang Venus. Baik saat matahari sedang tenggelam maupun saat munculnya matahari di ufuk Timur, planet Venus selalu bersinar terang di angkasa. Fakta menarik lainnya yaitu planet Venus dapat memiliki tampilan seperti bulan sabit tetapi untuk melihat Venus dalam tampilan seperti bulan sabit ini harus diamati melalui teleskop.

Istimewanya Transit venus

Dikarenakan posisi dan jalur orbitnya, Venus tidak pernah menghalangi cahaya matahari ke bumi sehingga tampilan Venus menjadi istimewa dari bumi. Setiap 243 tahun sekali akan terjadi peristiwa dua kali transit Venus yaitu sebuah fenomena menarik bagi para pengamat angkasa. Para astronomer akan melihat Venus seperti benda hitam melewati matahari saat peristiwa transit Venus ini terjadi. Kejadian terakhir dari transit Venus ini yaitu pada tanggal 5-6 Juni 2012.

Meskipun planet Venus memiliki beberapa kesamaan dengan bumi namun kesamaan tersebut hilang sekitar satu milyar tahun yang lalu. Bagaimanapun Venus tetap menjadi objek menarik buat para pengamat angkasa dan astronomer dengan transit Venusnya.

Venus dan Kemiripannya Dengan Bumi

Bumi, Photo used under Creative Commons from Alexander

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s