Usaha Konservasi Lingkungan Hidup

Konservasi mempunyai arti sebagai usaha pelestarian lingkungan hidup yang tetap mengutamakan manfaat atau daya guna lingkungan dan upaya keseimbangan komponen-komponen lingkungan hidup demi pemanfaatan masa depan. Jika kita berbicara mengenai upaya konservasi lingkungan, kita tidak akan jauh dari istilah SDA yang mempunyai singkatan ‘sumber daya alam’. SDA adalah semua unsur-unsur alam baik hayati dan fisik yang dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia. Kita juga mungkin mengenal konservasi SDA yang memounyai arti pengelolaan nilai-nilai sumber daya alam yang akan ditingkatkan pemanfaatannya namun perlu dimanfaatkan secara bijaksana agar tetap lestari dan menjamin keseimbangan kelestarian alam.

Terdapat beberapa tujuan konservasi lingkungan, diantaranya adalah:

    1. mewujudkan kelestarian sumber daya alam baik fisik dan hayati untuk menciptakan ekosistem yang seimbang. ekosistem yang seimbang akan mendukung adanya peningkatan kesejahteraan da kualitas kehidupan manusia.
    2. melestarikan pemanfaatan dan kemampuan sumberdaya alam fisik dan hayati serta ekosistem agar serasi dan seimbang.

Adapun manfaat-manfaat konservasi lingkungan adalah sebagai berikut:

    1. manfaat yang bersifat edukatif
    2. sebagai wahana pengembangan pengetahuan alam yang didukung dengan terapan teknologi yang berwawasan lingkungan
    3. sebagai hidrologis pendukung kehidupan
    4. untuk menciptakan iklim yang baik dan seimbang
    5. untuk menciptakan lingkungan yang sehat

Dalam melakukan upaya konservasi lingkungan, tentunya kita mempunyai sasaran-sasaran konservasi yang ingin dicapai. Salah satu sasaran/ target adanya usaha konservasi adalah untuk menjamin keserasian dan keberadaan sumber daya alam fisik dan hayati serta ekosistem, dari penurunan kualitas dan kuantitas serta penurunan pemanfaatan, dan dari kerusakan lingkungan. Beberapa cakupan wilayah konservasi yang perlu dilakukan antara lain wilayah daratan dan lautan yang biasa dijadikan sebagai target empuk para manusia yang rakus dimana mereka mengeksploitasi sumber daya alam yang ada tanpa memperbaharuinya kembali. Terdapat 4 ruang lingkup konservasi lingkungan, diantaranya adalah: konservasi tanah, konservasi air, konservasi hutan, dan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem.

Adanya upaya konservasi lingkungan juga membawa manfaat yang cukup signifikan terutama dari sudut ekonomi. Beberapa manfaat konservasi dari sudut ekonomi:

    1. menciptakan stabilitas iklim
    2. adanya pelestarian alam terutama air dan tanah
    3. adanya perbaharuan sumber daya alam hayati dan ekosistem
    4. adanya perlindungan plasma nutfah
    5. bisa menghasilkan devisa dari kegiatan tourism dan rekreasi.

Sedangkan dari sudut sosial, pengembangan kegiatan konservasi lingkungan dapat meningkatkan mutu kehidupan manusia, menciptakan tanggung jawab secara moral manusia, dan dapat menjadi kebangaan bagi manusia akan warisan plasma nutfah yang kaya dan melimpah.

Adanya upaya pelestarian/ konservasi lingkungan dapat membangun lingkungan alam yang baik. Dengan adanya pelestarian alam ini akan tercipta unsur berkelanjutan. Contohnya, terumbu karang yang sudah punah bisa dilestarikan kembali dengan adanya konservasi terumbu karang di beberapa wilayah perairan laut di negara kita. Contoh lainnya adalah karang laut yang telah hilang tidak bisa dikembalikan lagi hanya dalam waktu satu atau dua tahun saja, tetapi butuh waktu yang lebih lama untuk melestarikannya.

Dalam mempraktikan konservasi lingkungan, butuh tenaga para aktivis lingkungan dan para relawan yang cinta lingkungan sebagai supporter dan motor dari adanya kegiatan pelestarian ini. Kita juga boleh berpartisipasi dalam usaha pelestarian lingkungan dengan cara sederhana yaitu dengan ikut serta dalam usaha penanaman pohon di lingkungan tempat tinggal kita atau juga bisa dilakukan dengan cara pembersihan lingkungan bersama masyarakat kita. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai kesadaran penuh dalam usaha kegiatan konservasi lingkungan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s