Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Alam

Kerusakan lingkungan alam kini banyak terjadi di beberapa wilayah belahan dunia. Hutan, laut, sungai, dan bahkan udara yang kita hirup terkena dampak adanya kerusakan lingkungan alam yang tengah terjadi. Terdapat dua faktor penyebab utama kerusakan lingkungan alam yang kini tengah terjadi di sekitar kita. Faktor utama yang pertama adalah kerusakan lingkungan alam karena terjadinya bencana alam dan faktor utama penyebab terjadinya kerusakan lingkungan alam yang kedua adalah kerusakan lingkungan alam yang disebabkan oleh ulah manusia. Kerusakan lingkungan alam yang terjadi karena adanya bencana alam merupakan kerusakan lingkungan alam sementara dan bisa pulih kembali setelah beberapa periode. Dan biasanya kerusakan lingkungan alam yang disebabkan karena adanya bencana alam biasa bersifat natural.

Gunung berapi yang meletus, misalnya, pada awalnya memang bersifat destruktif atau merusak lingkungan yang ada di sekitar gunung, namun beberpa periode berikutnya tanah yang terkena lava dan awan panas dari gunung berapi ini akan berubah menjadi tanah yang sangat subur dan sangat bagus untuk pertumbuhan vegetasi. Tak heran setelah beberapa tahun terjadinya letusan gunung merapi, vegetasi akan tumbuh baik di sini.

Berbeda dengan kerusakan lingkungan alam yang disebabkan oleh ulah manusia. Akibat atau dampak dari adanya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia nampaknya akan sulit di-recovery karena hanya sedikit saja manusia-manusia yang sadar akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia. Sebaliknya, sebagian besar manusia di dunia ini hanya mengeruk dan mengeksploitasi semua isi alam tanpa memperbaharuinya. Hal ini tentunya akan menyebabkan ketimpangan sumber daya alam dan lingkungan khususnya sumber daya alam dan lingkunagn untuk anak cucu atau generasi-generasi manusia berikutnya. Faktor-faktor penyebab kerusakan lingkungan alam yang disebabkan oleh ulah manusia terbagi atas:

Pertanian
Banyaknya penggundulan hutan adalah salah satu contoh nyata adanya praktik kegiatan pertanian ladang berpindah yang dikerjakan oleh manusia. Kasus ini banyak sekali terjadi di negara-negara Asia Tenggara khususnya Indonesia yang kaya akan hutan tropis. Banyak masyarakat kita yang menggunakan areal hutan tropis sebagai lahan baru mereka yang digunakan sebagai lahan pertanian ladang berpindah. Kegiatan pertanian ini tentu saja akan merusak vegetasi hutan tropis yang menjadi andalan Negara kita sebagai negara yang dijuluki sebagai paru-paru dunia. Kini julukan tersebut musnah karena sudah menipisnya area hutan tropis yang disebut sebagai paru-paru dunia. Para petani ladang berpindah ini tidak memperbaharui kembali lahan yang sudah mereka gunakan untuk kegiatan bercocok tanam karena lahan tersebut sudah tidak subur dan penuh dengan ilalang. Mereka lebih memilih untuk mencari tempat lain yang lebih subur dan cocok untuk kegiatan pertanian. Secara otomatis area hutan tropis pun kembali dibabat dan dijadikan sebagai lahan pertanian baru bagi mereka.

Perikanan
Cara penangkapan ikan yang salah bisa berdampak buruk bagi lingkungan terutama lingkungan perairan seperti laut dan sungai. Beberapa prosedur penangkapan ikan yang salah antara lain dengan menggunakan pukat harimau dan bahan peledak. Penangkapan ikan dengan menggunakan pukat harimau akan berdampak pada berkurangnya jenis-jenis ikan tertentu termasuk ikan dengan spesies yang langka, sedangkan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak akan mematikan semua ikan baik ikan besar maupun kecil. Kedua metode penangkapan ikan ini tentunya akan merusak kelestarian jenis ikan di wilayah perairan negara kita.

Teknologi dan industri serta adanya pencemaran baik udara, air, dan suara ikut andil dalam menyebabkan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia. Agar kerusakan lingkungan alam dan lingkungan tidak meluas, kita sebagai manusia harus mempunyai kesadaran untuk memanfaatkan lingkungan dengan bijak serta perlu adanya pelestarian alam dengan cara perbaharuan kembali apa-apa yang sudah rusak oleh ulah manusia. Hal ini perlu dilakukan demi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s