Degradasi Lingkungan

Alam dan manusia merupakan dua hal yang tidak mungkin dipisahkan terlebih bagi manusia yang memerlukan pemanfaatan alam untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup baik yang dasar maupun kebutuhan hidup tambahan lain. Pada hakikatnya alam diciptakan oleh Tuhan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan manusia yang notabene merupakan makhluk yang paling sempurna yang dikaruniai dengan akal pikiran. Dengan kemampuan berpikir tersebut, manusia mulai memanfaatkan segala hal di alam untuk berbagai macam hal. Tanah, air, udara, dan hutan bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi mereka. Terlebih dengan kemajuan teknologi sekaligus industri yang kian hari kian pesat, bisa kita pastikan bahwa semakin banyak hal dari alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka yang juga semakin meningkat termasuk dengan kebutuhan akan gaya hidup yang merupakan hal lumrah untuk saat ini. Namun demikian, pemanfaatan alam yang berlebihan tanpa kontrol dan rencana jelas ke depan akan membawa dampak negatif yang mungkin tidak akan dirasakan secara langsung melainkan sedikit demi sedikit sebelum menjadi dampak yang cukup signifikan dirasakan oleh masyarakat.

Degradasi Lingkungan di Indonesia

Kebanyakan rakyat Indonesia tentu sangat mahfum dengan Indonesia yang dikatakan sebagai negara dengan kekayaan alam yang melimpah bahkan Koes Plus dalam sebuah lagunya yang berjudul kolam susu memberikan gambaran indah mengenai kekayaan alam Indonesia. Dunia pun mengakui kekayaan alam Indonesia terbukti dengan adanya berbagai investasi yang ditanam untuk eksploitasi beberapa jenis hasil tambang misalnya. Namun demikian, kini banyak orang yang mulai mempertanyakan mengenai kekayaan alam yang ada di Indonesia karena bukannya membuat ekonomi rakyat kebanyakan menjadi kian membaik, masyarakat justru mengalami penderitaan terutama saat ingin menemukan bahan dasar untuk kebutuhan pokok yang sudah akrab dengan rakyat Indonesia sejak dulu kala. Kedelai sempat menjadi komoditi yang sulit ditemukan di Indonesia padahal tahu dan tempe sudah menjadi bagian dari menu makanan sehat dan murah yang bisa ditemukan dengan mudah di meja semua keluarga di Indonesia sebelumnya. Kelangkaan pangan mungkin bukan satu-satunya masalah yang ada di Indonesia, tetapi pengerukan sumber daya alam yang tanpa kontrol pada akhirnya membawa imbas yang tidak mudah bagi seluruh rakyat Indonesia karena degradasi lingkungan mulai mengakibatkan berbagai bencana baik itu di darat, laut, maupun hutan di berbagai wilayah di indonesia.

Faktor Penyebab Degradasi Lingkungan

Degradasi lingkungan merupakan penurunan kualitas lingkungan yang mendukung kehidupan manusia dan makhluk lain yang tentunya akan berdampak buruk terutama bagi manusia sendiri ke depannya. Jika tidak diberi perhatian yang lebih mendalam baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat secara swadaya, degradasi lingkungan akan kian memburuk dari waktu ke waktu dan tentu generasi mendatang akan mendapat imbas yang lebih parah dari degradasi lingkungan itu sendiri. Ada dua faktor utama yang menyebabkan degradasi lingkungan terutama di Indonesia.

Pertambahan Populasi Penduduk. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan sehingga alam akan lebih dieksploitasi demi memenuhi kebutuhan penduduk dengan jumlah yang semakin besar di kemudian hari. Pertambahan penduduk juga berarti pertambahan jumlah sampah yang diproduksi setiap harinya sementara pengelolaan sampah di Indonesia sendiri belum tertata dengan baik sehingga imbas buruk terhadap lingkungan tidak bisa dihindari.

Industrialisasi. Peningkatan kebutuhan membuat industri menjadi tumpuan pemenuhan kebutuhan yang berarti akan terjadi eksploitasi lebih terhadap sumber daya alam serta pertambahan limbah yang dilepas ke alam. Tidak bisa ditolak bahwa hal ini merupakan faktor utama penyebab degradasi lingkungan terutama yang terjadi di Indonesia.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s