Beberapa Sebab Kasus Pencemaran Lingkungan

Pencemaran adalah suatu kondisi perubahan lingkungan atau alam seperti air, udara, dan tanah karena adanya unsur-unsur baru yang melekat pada beberapa elemen lingkungan atau adanya peningkatan unsur pada tanah, air, dan udara. Kasus pencemaran lingkungan yang tengah terjadi saat ini mungkin masih belum ditemukan cara terbaik untuk penanggulangan masalah yang berhubungan dengan lingkungan dan manusia. Kita semua tahu bahwa pencemaran lingkungan adalah salah satu contoh kerusakan lingkungan alam yang sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia. Eksploitasi sumber daya alam yang tidak ada batasnya tanpa adanya perbaharuan kembali adalah salah satu contoh real rakusnya manusia yang gemar memanfaatkan lingkungan tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian lingkungan tersebut. Berikut adalah beberapa contoh kasus pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bijak dalam memanfaatkan alam dan lingkungan disekitar kita.

Pencemaran Udara
Kasus pencemaran udara sudah kita rasakan sejak banyaknya teknologi dan industri yang beroperasi di kota-kota besar. Selain adanya kegiatan industri, pencemaran udara juga bisa disebabkan karena meningkatnya aktivitas pertambangan dan kendaraan bermotor yang berlalu lalang di jalan-jalan di seluruh wilayah dunia. Udara akan tercemar karena udara yang tercemar sudah bercampur dengan limbah industri dan pertambangan serta asap kendaraan bermotor. Asap dan limbah tersebut mengandung gas-gas yang tidak baik untuk tubuh manusia seperti karbon monoksida, dan belerang dioksida. Karbon monoksida adalah gas beracun yang bisa mematikan mahluk hidup sedangkan belerang dioksida adalah penyebab utama udara menjadi bersifat korosif yang dapat menyebabkan karat pada logam.

Pencemaran suara
Mungkin kita jarang mendengar istilah pencemaran suara. Namun kasus pencemaran suara ini nyata terjadi di wilayah-wilayah perkotaan yang sangat identik dengan suara bising dari kendaraan bermotor dan kegiatan industri dan pertambangan. Pencemaran udara juga bisa disebabkan oleh bisingnya suara mesin pesawat atau jet dan bahkan suara-suara yang mungkin bagi kita sangat sepele seperti suara radio atau tape recorder yang dinaikan volumenya keras-keras. Pencemaran udara ini cukup berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan jantung, gangguan syaraf, dan gangguan pernafasan akan berpotensi menyerang tubuh manusia yang hidup dilingkungan yang terkena kasus pencemaran suara.

Pencemaran air
Sisa atau limbah industri, pertambangan, dan limbah rumah tangga adalah penyebab utama adanya kasus pencemaran air. Pencemaran air ini bisa terjadi pada sungai-sungai dan laut yang notabene mempunyai peran yang cukup penting bagi kita. Jika laut, sungai, danau, dan wilayah perairan lainnya tercemar limbah baik dari industri, pertambangan, atau pun limbah rumah tangga, habitat hidup makhluk hidup yang hidup di dalam air akan rusak. Dampaknya, ikan besar, ikan kecil, telur ikan, kepiting, dan makhluk-makhluk air lainnya akan mati. Kelestarian mereka pun akan musnah. Selain berdampak pada makhluk hidup yang berhabiat di wilayah perairan, manusia pun akan mengalami kesusahan untuk mendapatkan sumber air bersih baik untuk kepentingan konsumsi maupun untuk kebutuhan non-konsumsi seperti mandi, cuci, dll.

Pencemaran Tanah
Beberapa penyebab adanya kasus pencemaran tanah yaitu:

    • benda-benda yang tidak larut atau hancur dalam air dan tanah yang biasanya berasal dari pabrik-pabrik, misalnya stereofoam, botol plastik, dan botol kaca.
    • pembuangan limbah berbahan-bahan kimia yang dapat merusak sifat alami tanah
    • plastik atau benda bekas yang berbahan karet seperti ban.

Untuk mengurangi atau jika bisa mencegah beberapa macam kasus pencemaran lingkungan di atas, mulai sekarang kita sebagai manusia yang dianuegrahi akal, pikiran, dan budi pekerti agar bisa melakukan kegiatan perbaikan-perbaikan lingkungan. Setidaknya jangan menambah daftar kasus pencemaran di sekitar lingkungan kita.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s