Manfaat Konservasi Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan hidup sudah merajalela dan harus segera ditanggulangi. Untuk itulah, kita perlu membahas sedikit mengenai konservasi lingkungan hidup. Dengan mengetahui seluk beluk konservasi maka kita tahu bagaimana cara menyelamatkan lingkungan kita. Diharapkan dengan adanya konservasi, lingkungan hidup khususnya lingkungan sekitar kita akan lebih baik dari sebelumnya.

Macam-Macam Konservasi Lingkungan

Sebelum membahas lebih dalam soal konservasi lingkungan kita perlu membahas terlebih dahulu tentang pengertiannya. Pengertian konservasi lingkungan berarti perlindungan lingkungan hidup agar terhindar dari kerusakan yang diakibatkan dari pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kemampuan lingkungan itu sendiri. Contohnya, adanya program konservasi air yang berguna untuk memanfaatkan air sesuai kebutuhan sehingga terdapat cukup ketersediaannya bahkan di musim kemarau sekalipun. Selain itu, konservasi juga mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan Karena kesalahan pemanfaatan. Konservasi air sendiri merupakan upaya untuk mencegah bencana banjir. Ada beberapa kawasan yang dapat di konservasi, antara lain:

    • Konservasi Daerah Aliran Sungai atau DAS. Konservasi DAS meliputi beberapa aspek yaitu pengendalian pencemaran air, limbah industri, limbah rumah tangga, mempertahankan vegetasi di wilayah hulu sungai, dan lain-lain.
    • Konservasi daerah pesisir dan laut. Dalam hal ini diperlukan beberapa zona konservasi atau biasa disebut dengan zonasi. Untuk daerah pesisir dan laut diperlukan 3 zona konservasi yaitu kawasan lindung, kawasan penyangga, dan kawasan budidaya.
    • Konservasi hutan. Ada beberapa upaya konservasi yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan dan memanfaatkan hutan secara benar. Umumnya, dilakukan penelitian hutan, mengendalikan pembalakan liar, meningkatkan efisiensi industri, dan pengendalian ladang berpindah.
    • Konservasi tipe ekosistem. Ada 2 cara konservasi ekosistem yaitu In Situ dan Ek Situ. In Situ adalah konservasi lingkungan khususnya tumbuhan dan hewan di habitat aslinya. Ek Situ adalah konservasi tumbuhan dan hewan yang dipindahkan dari habitat aslinya untuk kemudian dipelihara di habitat yang baru.

Kegiatan yang Berhubungan dengan Konservasi Lingkungan

Beberapa kelompok masyarakat mulai peduli dan mengambil tindakan untuk melakukan konservasi lingkungan. Salah satunya adalah dengan melakukan konservasi hutan mangrove. Secara spesifik konservasi ini dilakukan dengan cara pembibitan buah mangrove untuk kemudian dikembang-biakkan sesuai dengan jenis mangrove dan lahan pembibitannya. Sangat miris jika mengetahui bahwa dahulu Indonesia memiliki sekitar 3.7 juta hektar kawasan mangrove. Kini jumlah itu telah berkurang drastis. Ada beberapa sebab berkurangnnya kawasan mangrove, antara lain:

    • pembukaan lahan
    • konversi hutan mangrove menjadi permukiman, pertambakan, dan industri

Selain pemanfaatan dan pembibitan hutan mangrove, dilakukan juga pengendalian erosi, pemanfaatan lahan pertanian di daerah tangkapan air, serta pembuatan tera siring. Dengan adanya kegiatan-kegiatan di atas diharapkan bahwa lingkungan jauh lebih bermanfaat dan tentunya manusia bisa hidup berdampingan dengan lingkungan hidup secara benar. Lingkungan tidak rusak sedangkan manusia bisa hidup dan memenuhi kebutuhan mereka. Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan adanya konservasi lingkungan, diantaranya:

    • hubungan yang selaras antara manusia dan lingkungan.
    • pemanfaatan lingkungan yang benar dan bijaksana.
    • perlindungan lingkungan untuk generasi mendatang.
    • berkurangnya pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Hal-hal tersebut bisa dimulai dari lingkungan kecil yaitu lingkungan kita sendiri. Dengan melakukan konservasi dan berhasil mencapai manfaat tersebut kita bisa mendapat manfaat secara langsung. Jika tidak dilakukan saat ini maka kapan lagi kita akan melakukannya. Paling tidak kegiatan semacam ini sangat berguna bagi generasi anak dan cucu kita di masa mendatang. Jika lingkungan nyaman maka kehidupan kita akan senang, sehat, dan tenang.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s