Keunikan lingkungan abiotik

Kita hidup di lingkungan yang berbeda-beda. Bumi menawarkan segala hal yang kita butuhkan. Manusia hanya perlu mengolah dengan bijaksana sehingga manusia selalu bisa melestarikan bumi dan isinya. Hal yang sering kita temui sekarang sangat berkebalikan. Bumi mulai rusak dan kita sering menemui perubahan cuaca serta masalah lingkungan yang sangat ekstrem. Kerusakan bumi dan lingkungan banyak disebabkan karena kurangnya pengetahuan kita tentang lingkungan dimana kita tinggal. Jika kita ingin merawat dan melestarikan lingkungan, kita harus mencari tahu tentang lingkungan kita dahulu. Lingkungan kita dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan biotik dan juga lingkungan abiotik. Lingkungan biotik adalah lingkungan makhluk hidup. Sedangkan abiotik adalah lingkungan yang terdiri dari benda-benda mati sebagai komponen penyusun ekosistem kehidupan kita. Komponen abiotik ini misalnya cahaya matahari, topograpi, iklim, udara, air, serta tanah. Kita akan mencari keunikan dari tiap-tiap komponen abiotik disini.

Air adalah komponen abiotik yang pertama. Semua orang membutuhkan air dan air adalah komponen yang vital. Kita tidak bisa hidup tanpa air. Ketersediaan air ditiap daerah berbeda-beda. Apalagi dimusim kemarau sekarang ini. Banyak tempat yang mengalami kekeringan panjang. Mereka sangat kesulitan mendapatkan air dan sebagai dampaknya mereka mengalami kesulitan untuk mengairi pertanian, serta melakukan aktifitas sehari-hari. Banyak tumbuhan dan hewan yang tetap bisa tumbuh dengan kondisi minim air seperti unta dan juga tumbuhan kaktus. Mereka tetap bisa tumbuh karena mereka tidak membutuhkan banyak air. Kita harus selalu melestarikan ketersediaan air dengan selalu melestarikan lingkungan hijau. Lingkungan hijau berfungsi sebagai penyerap air sehingga pada musim kemarau kita tidak akan merasakan kekurangan air.

Udara menjadi komponen lingkungan abiotik yang kedua. Udara sangat penting bagi manusia. Oksigen dalam udara sangat penting agar kita tetap bisa bernafas dengan baik. Karbondioksida sangat diperlukan untuk tumbuhan karena bisa digunakan untuk berfotosintesis. Bumi kitapun terdiri dari berbagai lapisan udara yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kini bumi kita dalam keadaan darurat. Kita jarang mendapati udara yang bersih. Udara-udara sudah tercemar dengan berbagai polusi dan menyebabkan kita sangat sulit menghirup udara yang segar. Kita harus tahu bagaimana cara mengurangi polusi udara. Diperlukan adanya kerjasama antara beberapa pihak agar bumi kita selalu bersih dari semua masalah lingkungan.

Cahaya matahari juga komponen abiotik yang sangat penting. Manusia tentu tidak bisa melakukan aktifitas yang sempurna tanpa adanya matahari. Cahaya matahari adalah sumber energi yang sangat penting bagi manusia serta makhluk hidup lainnya. Karena banyaknya masalah diudara, cahaya matahari ini bisa sangat berbahaya. Lapisan di bumi kian menipis dan menyebabkan cahaya matahari langsung terpapar dan akan menyebabkan berbagai masalah kulit serta masalah serius lainnya. Kita bisa mengurangi masalah tersebut dengan menanam pohon sebanyak mungkin disekitar kita.

Tanah sebagai komponen lingkungan abiotik makhluk hidup juga sangat penting. Tanah kita sebagai lingkungan tempat hidup bagi hewan, tumbuhan serta berbagai organisme lainnya. Kini banyak pencemaran tanah yang terjadi disekitar kita. Tanah-tanah menjadi tandus dan mengandung banyak bahan kimia. Jika hal tersebut terus terjadi, lahan-lahan pertanian akan semakin menurun. Kita tidak akan mendapatkan tanah gembur karena populasi cacing dalam tanah menurun juga. Kita seharusnya bisa bijak menggunakan pestisida atau zat-zat kimia lainnya bagi tanah kita agar tanah selalu terjaga kandungan dan kelestariannya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s