Beberapa Dampak Pencemaran Lingkungan dan Penanganan Pencemaran Lingkungan

Kehidupan manusia tentu saja tidak bisa dipisahkan dari lingkungan. Lingkungan adalah semua hal yang ada disekitar kita serta tempat hidup kita. Lingkungan kita harus selalu dijaga dan dilestarikan jika kita masih ingin tinggal lebih lama di lingkungan.

Kini seperti yang kita ketahui terutama dikota-kota besar, kita banyak menemukan masalah lingkungan. Lingkungan mulai tercemar dengan berbagai hal seperti polusi air, udara serta polusi yang lainnya.

Pencemaran lingkungan yang semakin parah tentu akan memberikan dampak yang sangat terasa bagi kehidupan manusia. Manusia harus mulai mengerti bahwa lingkungan bukan saja untuk digunakan tetapi lingkungan harus selalu dilestarikan agar tidak ada lagi pencemaran lingkungan.

Apa saja dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya? Kita akan segera mengetahui dampak serta hal yang seharusnya kita lakukan agar kita terhindar dari pencemaran lingkungan.

Dampak pencemaran lingkungan dari pabrik. Pabrik sering mencemari lingkungan dengan asap yang tebal dan hitam. Asap-asap ini tentu sangat menganggu udara disekitar pabrik.

Udara akan semakin panas, kotor serta tidak sehat. Dampaknya tentu sangat terasa bagi kesehatan kita. Kita akan semakin mudah terserang berbagai penyakit pernafasan yang tentu saja akan semakin parah ketika pabrik tidak juga memberikan solusi yang tepat.

Penanganan dari pabrik, pabrik seharusnya mulai membenahi dan menemukan pengolahan limbah berupa asap. Jika asap bisa disaring dengan metode modern, asap yang keluar dari pabrik akan lebih sehat dan bersih sehingga udara juga akan bersih.

Penanganan dari masyarakat, masyarakat bisa menggunakan masker untuk terhindar dari asap buruk dari pabrik.

Dampak dari pencemaran lingkungan akibat banyaknya kendaraan bermotor. Kita kini tentu banyak menemukan kendaraan bermotor. Pembakaran yang tidak sempurna bisa menyebabkan kenaikan kadar CO2 diudara yang sangat buruk sehingga akan membahayakan bagi masyarakat.

Gas CO2 yang ada di atmosfer bumi dan semakin menumpuk akan kembali dipantulkan ke bumi sehingga bumi kita akan semakin panas. Keadaan ini juga sering disebut sebagai efek rumah kaca. Penanganan yang paling mudah adalah dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya daerah hijau untuk penyeimbang gas CO2.

Kita juga bisa mengurangi menggunakan kendaraan bermotor. Kita bisa mulai menggunakan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda ataupun berjalan kaki. Hal tersebut akan lebih menyehatkan bagi kita.

Dampak pencemaran lingkungan karena limbah cair. Banyaknya industri yang dibangun dan dikembangkan menyebabkan banyaknya limbah pabrik cair yang dibuang seenaknya tanpa melalui proses penyaringan serta pengolahan limbah yang baik. Hal ini tentu berdampak buruk bagi kehidupan air disekitar lingkungan pabrik.

Banyak limbah yang dibuang ke sungai, ataupun ke laut akan berdampak buruk pada semua tumbuhan serta mikroorganisme yang hidup di sungai, tanah, danau ataupun laut. Penanganannya murni bisa dilakukan oleh pabrik.

Pemerintah seharusnya tidak langsung memberikan ijin kepada industri yang hendak beroperasi sebelum mereka mempunyai sistem limbah yang baik. Kita juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan di sungai ataupun danau, dengan membersihkan lingkungan sungai dan danau secara teratur.

Dampak pencemaran lingkungan dalam lingkup yang lebih besar adalah punahnya beberapa spesies hewan dan juga tumbuhan. Beberapa hewan dan tumbuhan sangat peka terhadap pencemaran lingkungan. Jika hewan sudah tidak bisa beradaptasi lagi dengan lingkungan maka kita tidak akan menemukan mereka kembali pada masa yang akan datang.

Kita harus mengantisipasi semua pencemaran lingkungan sehingga kita akan terhindar dari semua masalah lingkungan serta dampak buruknya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s