Pemanasan Global: Benarkah Akibat Ulah Manusia?

Banyak yang berpendapat bahwa pemanasan global adalah akibat dari ulah manusia. Semakin berkembangnya teknologi dan industri yang membutuhkan banyak energi memaksa manusia untuk terus mengonsumsi energi yang sangat banyak. Hal ini tentu saja menambah produksi karbon di atmosfer bumi dan menyebabkan suhu di permukaan bumi naik. Banyak pendapat yang bermunculan mengatakan bahwa besarnya volume CO2 yang dikeluarkan dari hasil aktivitas manusia lah yang menyebabkan naiknya suhu bumi. Padahal, hal ini sebenarnya bukanlah satu-satunya penyebab naiknya suhu bumi.

Produksi CO2 dari pembakaran mesin memang menjadi salah satu penyebabnya. Namun, hal tersebut bukanlah menjadi penyebab utama naiknya suhu bumi. Para peneliti atmosfer bumi baru-baru ini menghasilkan kesimpulan bahwa kadar CO2 yang selama ini dihasilkan oleh manusia hanya sebesar 3% saja dari jumlah keselurah CO2 yang ada di atmosfer bumi saat ini. Tiga persen tentu saja bukanlah jumlah yang terlalu signifikan sebagai pengaruh utama dari kenaikan suhu bumi. Menurut mereka, kadar CO2 yang ada di bumi saat ini justru mampu menyerap radiasi yang ada dari luar angkasa. Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya kadar CO2 dan pemanasan global sama sekali tidak ada hubungannya.

Satu fakta lagi tentang pemanasan global dan manusia adalah tentang memorandum yang ditandatangi sekitar 17.000 peneliti yang menyatakan bahwa CO2 yang dihasilkan manusia bukanlah penyebab utama pemanasan global. Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya pemanasan global yang selama ini digembar-gemborkan sebagai salah satu tanda kiamat dan bahkan dinilai sebagai salah satu penyebab utama binasanya manusia ternyata tidak benar. Mengingat banyaknya provokasi dan konspirasi menyangkut pemansan global, hal ini tentu saja sangat penting karena pengetahuan manusia tentang hal-hal yang bisa terjadi di masa depan dapat menyebabkan kekacuan di seluruh dunia.

Pemanasan global memang saat ini tengah melanda bumi. Namun, penyebab sesungguhnya bukanlah berasal dari ulah manusia. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan naiknya suhu bumi. Banyak ilmuwan yang pada awalnya berpendapat bahwa naiknya kadar CO2 dalam atmosfer bumi sebanyak 30% selama 100 tahun terakhir adalah karena ulah manusia. Namun, pada kenyataannya, kenaikan kadar CO2 yang dibarengi dengan naiknya suhu bumi merupakan akibat dari kenaikan suhu laut yang disebabkan oleh meningkatnya aktivitas vulkanik dan tektonik dari dalam bumi. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan alam lah yang menjadi penyebab utama dari pemanasan global. Dengan kata lain, pemanasan global yang terjadi saat ini memang sudah menjadi kehendak dari alam.

Selama beberapa dekade terakhir, aktivitas vulkanik dan tektonik memang selalu mengalami peningkatan. Aktivitas vulkanik dan tektonik memang akan selalu berhubungan karena sedikit saja lempeng bumi bergerak akan menimbulkan dampak yang signifikan terhadap pergerakan magma dalam perut bumi. Hal ini tentu saja juga akan berpengaruh pada aktivitas vulkanik gunung-gunung berapi di seluruh dunia. sejak tahun 1970-an aktivitas vulkanik dan tektonik telah banyak menyebabkan terjadinya bencana alam yang terjadi di hampir semua bagian dunia. Bahkan, data statistik menunjukkan bahwa jumlah bencana alam yang terjadi di planet bumi akibat aktivitas tektonik dan vulkanik meningkat sebanyak 410%.

Dari fakta-fakta yang telah kita telusuri bersama, terdapat beberapa hal yang menjadi dasar kesimpulan. Pertama, pemanasan global bukanlah akibat dari ulah manusia. Produksi CO2 oleh manusia hanya sebesar 3% dari jumlah keseluruhan kadar CO2 dalam udara. Pemanasan global yang selama ini banyak diperbincangkan adalah akibat dari naiknya suhu permukaan laut yang disebabkan oleh meningkatnya aktivitas tektonik dan vulkanik dari dalam perut bumi. Oleh karena itu, semua aktivitas atau fenomena alam yang saat ini sedang terjadi di bumi sebenarnya memiliki hubungan dengan meningkatnya aktivitas tektonik dan vulkanik dari dalam bumi.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s