Isu Lingkungan Nasional – Pemanasan Global

Kita hidup di jaman modern. Banyaknya industri serta pengalihfungsian lahan untuk kawasan industri menyebabkan banyaknya masalah pencemaran lingkungan serta kerusakan lingkungan. Banyak sekali isu lingkungan nasional yang kita sering temui. Salah satunya adalah kasus Pemanasaan Global. Tidak semua dari kita yang mengetahui apa sebenarnya pemanasan global. Sebelum kita mengetahui bagaimana cara untuk mengurangi resiko pemanasan global, kita terlebih dahulu harus mengetahui penyebab dari pemanasan global. Pemanasan Global adalah gejala peningkatan suhu rata-rata di lapisan atmosfer , daratan bumi dan permukaan laut. Seperti yang kita ketahui suhu rata-rata pada permukaan bumi kini telah mengalami peningkatan drastis selama 100 tahun terakhir. Lalu apa penyebab dari pemanasan global yang ada di Bumi ini? Banyak hal yang menyebabkan adanya pemanasan global. Berikut ini adalah beberapa sebab terjadinya pemanasan global:

    • Aktifitas manusia. Penyebab ini sering dikatakan sebagai penyebab utama dari adanya pemanasan global karena jumlah manusia yang kian bertambah dari tahun ke tahun dan aktifitas yang semakin meningkat seperti membangun kawasan industri, menghilangkan fungsi hutan, laut untuk berbagai keperluan.
    • Penipisan lapisan Atmosfer yang diakibatkan oleh aktifitas manusia serta gejala alam-alam lainnya.
    • Efek rumah kaca.

Ketiga penyebab adalah hasil analisa dari berbagai badan ilmiah dan akademik diseluruh dunia. Walaupun penyebab-penyebab tersebut sudah cukup kuat membuktikan isu pemanasan global, beberapa ilmuan masih merasa tidak setuju dengan hal tersebut dan juga berbagai kesimpulan yang diutarakan. Pemanasan global juga akan memberikan efek yang buruk terutama terhadap perubahan-perubahan yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa perubahan yang disebabkan karena pemanasan global:

    • Adanya kenaikan permukaan air laut yang cukup signifikan
    • Adanya intensitas perubahan cuaca yang sangat ekstrim
    • Adanya perubahan pola presipitasi
    • Adanya pengaruh hasil pertanian serta hilangnya gletser.
    • Adanya kepunahan besar-besar beberapa spesies hewan didunia.

Isu lingkungan nasional memang harus diselesaikan secepatnya atau kita akan membiarkan bumi kita dalam keadaan yang semakin memburuk. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari pemanasan global yang semakin memburuk. Kita bias bersama-sama mengatasi isu pemanasan global ini. Kita bahkan bisa sedikit mengurangi pemanasan global dari lingkup sekecil mungkin. Dibawah ini ada beberapa cara yang mudah dan dapat mengurangi efek pemanasan global yang akan anda temukan di Bumi ini:

Pertama anda bisa memulai dengan menghemat pemakaian listrik. Seperti yang kita ketahui, listrik dihasilkan dari berbagai sumber energi. Ketika kita bisa menghemat, maka kita juga bisa memperpanjang usia bumi kita. Kita bisa mulai mematikan lampu yang sudah tidak digunakan serta mematikan pemanas nasi selama beberapa jam untuk mengurangi penggunaan listrik. Anda sebaiknya tidak langsung memasukkan makanan yang panas ke dalam kulkas karena kulkas akan bekerja secara lebih berat.
Kedua anda bisa mengurangi pemanasan global dengan menghemat air. Sebaiknya anda mematikan aliran air yang sudah tidak digunakan lagi. Gunakan air secara tepat sehingga anda bisa mengurani biaya pemakaian air juga.

Ketika anda bisa memulai gerakan recycle atau mendaur ulang. Gunakan kantong plastik dari rumah anda. Seperti yang kita ketahui kantong plastik akan membutuhkan waktu yang lama untuk didaur ulang. Plastik akan mencemari tanah..

Anda bisa menggunakan kembali barang yang masih bisa digunakan atau diperbaiki. Selain anda akan menghemat pengeluaran anda, anda juga akan mengurangi efek pemanasan global yang ada.

Isu lingkungan nasional bukan hanya masalah bagi Negara. Isu ini adalah masalah bagi semua orang yang tinggal dibumi. Anda harus mulai mencari solusi agar anda bisa menjaga bumi serta semua isinya dengan bijaksana.

About these ads

3 pemikiran pada “Isu Lingkungan Nasional – Pemanasan Global

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s