Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan Tanah

Kita hidup di bumi dengan segala isinya. Kita sebaiknya bisa menjaga, merawat serta menggunakan sebaik mungkin sehingga bumi, air, tanah dan seisinya masih bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Seperti yang kita ketahui, kini kita sangat sulit mendapatkan air tanah dengan kualitas yang baik karena banyaknya pemukiman penduduk serta banyaknya sampah yang menumpuk dibeberapa tempat.

Sampah sendiri bisa menjadi penyebab dari pencemaran lingkungan tanah serta pencemaran udara. Pencemaran lingkungan tanah bisa sangat berbahaya. Tanah akan dikatakan tercemar ketika banyak bahan kimia buatan manusia yang masuk kedalam tanah serta merubah lingkungan tanah alami. Banyak penyebab dari masuknya bahan kimia kedalam tanah seperti adanya:

    • Kebocoran limbah cair. Banyaknya pabrik yang didirikan dibanyak tempat menyebabkan kondisi tanah tercemar. Banyak pabrik yang membuang limbah cairnya secara semena-mena menyebabkan tanah dan sungai disekitarnya tercemar dengan bahan kimia dari pabrik. Sebaiknya pabrik bisa mencegah pencemaran tanah dengan mengolah limbah secara benar. Banyak air sungai yang masih digunakan untuk berbagai keperluan sehingga limbah cair akan menyebabkan akibat yang lebih buruk bagi masyarakat.
    • Pengunaan pestisida dalam jumlah yang besar-besaran juga akan menyebabkan pencemaran tanah yang berbahaya. Petani sebaiknya mengetahui takaran pestisida yang diberikan. Pestisida akan merubah tatanan atau struktur tanah sehingga akan berdampak pada kondisi tanah yang ada.
    • Masuknya air ke permukaan tanah akan membuat air tercemar. Bahan cair yang mengandung zat kimia akan meresap ke permukaan air. Sebaiknya kita tidak membuang air yang mengandung zat kimia langsung ke tanah.

Apa yang akan terjadi jika banyak zat kimia yang masuk kedalam tanah?

Zat kimia tersebut akan mencemari lingkungan permukaan tanah lalu menguap dan akan tersapu oleh air hujan lalu kembali masuk kedalam tanah dan akan membuat tanah tercemar dengan zat kimia lagi. Dampak dari pencemaran lingkungan tanah ada beberapa hal. Dampak bagi kesehatan sangat bergantung pada alur masuknya kedalam tubuh seseorang.

Bahan-bahan kimia yang dimaksud misalnya Kromium. Kromium sangat berbahaya bagi tubuh kita karena akan menyebabkan kerusakan otak, ginjal serta berbagai organ tubuh lainnya. Merkuri atau air raksa juga adalah zat kimia yang sangat berbahaya dan bisa tersimpan pada tanah. Zat kimia ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal, kerusakan hati, gangguan syaraf dan otot serta banyak penyakit serius lainnya.

Selain penyakit-penyakit yang berbahaya lainnya, kita juga bisa mendapatkan dampak kesehatan seperti kepala yang pusing, iritasi mata, sakit kepala, letih dan ruam-ruam kulit karena air yang kita gunakan telah tercemar dengan zat kimia dalam tanah. Dampak kesehatan yang paling mengerikan tentu saja menyebabkan kematian. Kita harus tahu bagaimana mengurangi pencemaran dalam tanah. Berikut ini adalah cara menangani pencemaran tanah:

    • Kita harus bisa memisahkan sampah yang dapat diuraikan dan tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme dalam tanah.
    • Anda sebaiknya mengurangi penggunaan pupuk sintetik atau zat-zat kimia yang berbahaya lainnya untuk pemberantasan hama dalam bidang pertanian.
    • Mengolah limbah dari pabrik dan tidak langsung membuang ke laut atau sungai.

Cara tersebut bisa mengurangi pencemaran lingkungan tanah yang sangat membahayakan kehidupan manusia. Kita harus mencintai tanah dimana kita berpijak. Kita tidak hanya harus memikirkan kelangsungan hidup kita tetapi kita harus memikirkan untuk kelangsungan masa depan anak-anak kita atau bahkan cucu-cucu kita. Mereka berhak mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

About these ads

One thought on “Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan Tanah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s