Cinta Lingkungan Hidup

Cinta lingkungan hidup akan mendatangkan banyak keuntungan bagi kita. Keuntungan itu dapat kita rasakan secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, keuntungan dari cinta lingkungan bukan hanya dirasakan oleh orang yang mencintai lingkungan, tetapi juga orang-orang yang berada disekitar orang tersebut dan bahkan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini. Walaupun keuntungan itu mungkin baru dapat kita rasakan setelah beberapa lama, tetapi satu bentuk kecintaan yang kita lakukan untuk lingkungan hidup akan menjadi sangat berarti bagi bumi ini. Langkah kecil yang dilakukan secara berkesinambungan akan membuat masa depan bumi yang lebih baik lagi.

Kesehatan yang kita dapatkan adalah salah satu dari keuntungan cinta lingkungan hidup.  Di lingkungan yang bersih dan sehat, kuman, bakteri, dan virus akan sulit untuk berkembang. Dengan begitu penyakit-penyakit menular yang sering menyebabkan wabah di suatu daerah tertentu akan semakin jarang terjadi karena kita telah melakukan suatu tindakan pencegahan dari lingkungan kita. Penyakit-penyakit yang biasa terjadi pada lingkungan tidak sehat seperti flu dan demam juga akan semakin berkurang. Lingkungan hidup yang bersih dan sehat juga berarti sedikitnya polusi yang terjadi baik pada lingkungan tanah, air, dan udara. Tidak ada lagi zat-zat beracun yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti gangguan pernafasan, gangguan pencernaan, kanker, dan lain-lain.

Rasa cinta lingkungan hidup dapat menimbulkan perasaan nyaman. Dengan melihat lingkungan hidup yang indah kita akan merasa sangat nyaman. Cobalah anda melihat disekitar anda, jika anda melihat banyak sampah yang bertebaran, tentunya anda akan merasa tidak senang. Bahkan anda mungkin merasa marah pada orang yang telah membuang sampah sembarangan. Belum lagi kalau kita melihat saluran air yang penuh dengan sampah. Disamping mengganggu penglihatan, sampah-sampah itupun penuh dengan berbagai bibit penyakit yang suatu saat dapat menyerang kita yang berada disekitarnya.

Cinta lingkungan hidup sebenarnya mudah. Kita dapat memulainya dengan memahami betapa lingkungan hidup telah berjasa bagi diri kita dan seluruh makhluk di muka bumi. Lingkungan menyediakan kita sumber daya alam untuk digunakan, air untuk diminum, udara untuk bernafas, tumbuh-tumbuhan dan hewan untuk dimakan, dan masih banyak lagi yang diberikan oleh lingkungan kita. Saat kita mencemari lingkungan atau melakukan perusakan, sebenarnya kita telah merugikan diri kita sendiri. Jika kita mencintai diri kita, kita juga harus cinta lingkungan agar kita bisa hidup dengan nyaman. Dengan pemahaman tersebut, perasaan cinta terhadap lingkungan akan tumbuh dengan sendirinya dalam diri kita.

Kita dapat menunjukkan rasa cinta lingkungan dengan cara yang cukup sederhana. Cinta lingkungan hidup dapat dimulai dengan menjaga kebersihan disekitar kita. Membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Selanjutnya kita dapat membersihkan lingkungan kita agar selalu bersih dan terjaga. Kita juga sebaiknya melakukan penghematan atas penggunaan barang-barang yang nantinya akan menjadi sampah seperti; plastik, kertas dan lain-lain.  Penghematan barang-barang tersebut diatas dapat mengurangi jumlah sampah yang ada. Penghematan energi dapat dimulai dengan cara yang cukup sederhana yaitu mematikan lampu dan alat-alat listrik lainnya pada saat tidak digunakan. Penghematan penggunaan kendaran bermotor juga dapat mengurangi polusi udara. Dengan begitu, kita akan melihat dan merasakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Maka, marilah kita memulainya dari diri kita sendiri demi masa depan kita dan anak-anak kita kelak.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s