Bagaimana Menjaga Lingkungan

Menjaga lingkungan dengan baik adalah tugas setiap orang yang hidup di bumi kita yang besar ini. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki kesadaran yang cukup untuk menjaga dan melestarikan alam yang ada di sekitar kita. Sehingga efek yang di timbulkan adalah terdapat beberapa alam yang rusak setelah dipergunakan. Kita tidak perlu melihat terlalu jauh, kita dapat mengambil contoh dari perkebunan sawit di Pulau Sumatera. Ada perusahaan besar yang menanamkan pohon sawit di suatu daerah, dan pada suatu hari mereka harus mencari lahan baru, maka lahan mereka yang lama tidak di kelola dengan baik, namun mereka meninggalkan begitu saja. Hal ini adalah salah satu contoh dari orang yang tidak bertanggung jawab akan keberlangsungannya kelestarian alam. Dengan adanya orang-orang seperti itu, maka dampak dari global warming dapat kita rasakan lebih awal.

Selain orang yang seperti itu, kita dapat melihat bahwa masih banyak orang-orang yang prihatin akan keadaan alam kita dan mencoba untuk memperbaiki alam sekitar mereka bagaimanapun caranya. Mereka adalah tipe-tipe orang yang bertanggung jawab akan apa yang terjadi pada alam sekitar mereka. Salah satu cara bagaimana menjaga lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini mungkin kuno dan sudah terlalu banyak dilanggar. Namun, tahukah anda bahwa dengan kebiasaan membuang sampah di tempat sampah anda dapat membantu menjaga lingkungan sekitar anda. Dengan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, anda juga akan menjadi orang yang lebih bersih dan berupaya sebaik mungkin untuk menjaga kelestarian lingkungan. Selain dengan program membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat melestarikan program satu orang satu pohon. Ini berarti bahwa setiap orang wajib memelihara satu pohon. Apabila anda dapat benar-benar melakukan hal ini, maka beberapa tahun lagi akan banyak terdapat pohon-pohon perindang yang berfungsi untuk melindungi kita dari polusi-polusi yang ada. Pepohonan dapat membuat anda menjadi lebih terlindungi karena suhu udara sekitarnya juga di kendalikan oleh banyaknya pepohonan di suatu daerah. Selain dengan program pohon, anda juga dapat menjawab pertanyaan tentang bagaimana menjaga lingkungan dengan mengurangi konsumsi plastik. Seperti yang kita ketahui bahwa plastik dapat diuraikan oleh tanah setelah beberapa puluh tahun. Hal ini membuat tanah kita menjadi rusak dan kita tidak dapat menggunakan tanah yang ada secara optimal. Dengan berkurangnya konsumsi plastik, maka kita akan mengurangi timbunan plastik yang ada di tanah. Memang apa yang anda pribadi lakukan belum akan menuai hasil. Namun, dengan pergerakan yang anda lakukan, orang lain akan merasa tergerak juga. Anda dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk mulai menjaga lingkungan sekitar mereka. Dengan gerakan kecil anda, kebersihan lingkungan akan tercapai dengan mudahnya karena banyak orang yang mengikuti gerakan anda untuk menjaga kelestarian alam. Dengan begitu keseimbangan alam akan terjadi.

Jadi, bagaimana menjaga lingkungan yang ada di sekitar anda? itu semua pertanyaan yang harus dijawab oleh anda pribadi semuanya. Anda dapat menjaga lingkungan sekitar anda dengan baik apabila anda memiliki niat yang konsisten untuk terus menjalankan kebiasaan anda tersebut. Mulailah membuat perencanaan tentang kapan anda akan memulai semua kebiasaan tersebut. Anda perlu untuk merencanakan segala sesuatu dengan baik. Selain itu, apabila anda merasa kesulitan, anda dapat meminta bantuan dari orang lain yang lebih ahli tentang masalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar anda.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s