Berbagai Jenis Permasalahan Lingkungan Hidup dan Cara Mengatasinya

Ada banyak permasalahan lingkungan hidup yang terjadi dari dulu hingga sekarang. Parahnya permasalahan tersebut menjadi semakin bertambah dari waktu ke waktu. Ada enam masalah yang merupakan permasalahan dalam lingkungan hidup yang paling sering terjadi yaitu permasalahan makanan, energi, keanekaragaman hayati, polusi, dan perubahan terhadap iklim. Untuk makanan, banyak orang yang mengalami kelaparan, terutama di negara-negara miskin dengan tingkat kesenjangan yang sangat tinggi. Masalah ke dua adalah air. Jumlah air bersih semakin berkurang. Akibatnya kekeringan terjadi dimana-mana. Untuk energi ditunjukkan dengan berkurangnya produksi minyak bumi akibat eksploitasi besar-besaran terhadap minyak bumi. Akibatnya adalah kenaikan harga produk minyak bumi yang semakin tinggi dari waktu ke waktu yang juga berdampak pada masalah sosial dan ekonomi. Selanjutnya adalah perubahan iklim yang semakin tidak teratur. Perubahan iklim ini mengakibatkan tingginya angka banjir, badai, dan hilangnya sejumlah spesies termasuk kekeringan yang tak terelakkan.

Permasalahan lain yang terjadi di lingkungan adalah masalah keanekaragaman hayati dimana sejumlah spesies tumbuhan sudah mulai hilang dari muka bumi. Faktor manusia dan alam menjadi faktor utama kepunahan ini. selanjutnya adalah polusi. Polusi ini sudah terjadi dimana-mana termasuk daerah perkotaan. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya industri yang diimbangi dengan bertambahnya jumlah pabrik dan juga perkembangan teknologi seperti transportasi yang mengakibatkan banyak polusi di jalan. Belum lagi jumlah pohon yang berkurang di perkotaan yang mengakibatkan polusi semakin tinggi karena tidak ada yang menyerap udara kotor tersebut. Bisa dilihat dikota besar bahwa jumlah kendaraan bermotor semakin banyak yang akhirnya meningkatkan kadar polusi udara di perkotaan. Ditambah polusi udara dari cerobong asap pabrik yang intensitasnya semakin tinggi.

Melihat hal ini maka diperlukan adanya langkah cepat untuk mencegah kerusakan lingkungan tersebut menjadi semakin berlarut-larut. Para generasi muda perlu mengadakan perbaikan dengan beberapa cara yaitu, meningkatkan kesadaran diri untuk menjaga lingkungan dan melestarikan lingkungan hidup. Melestarikan lingkungan hidup ini bisa dilakukan dengan tidak merusak tanaman disekitar, memberi himbauan pada orang lain untuk tidak menebang pohon sembarangan, tidak membuang sampah sembarangan, mencintai lingkungan dengan memperbanyak tanaman hijau yang juga berfungsi untuk mengurangi polusi, menjaga kualitas air di sekitar dengan tidak mengotori air terutama dengan sampah, dan lain sebagainya. Pemerintah juga perlu ikut serta dalam hal ini. mereka setidaknya harus mencanangkan program tersendiri untuk lingkungan agar lingkungan tetap terjaga. Caranya adalah dengan bermain dengan peraturan-peraturan tertentu yang memiliki sanksi-sanksi yang diberikan pada siapa yang melanggar sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan. Pemerintah harus proaktif untuk menertibkan masyarakat agar tidak merusak lingkungan. Adapun peraturan yang harus dibuat adalah Undang-Undang yang mengatur pembuangan yang dilakukan oleh pabrik-pabrik, larangan pembuangan sampah ke sungai, peraturan emisi kendaraan, dan lain sebagainya. Karena ini berhubungan dengan masalah sosial maka akan cukup sulit. Untuk itu diperlukan partisipasi dari masyarakat luas supaya peraturan berjalan dengan baik. Untuk yang berkaitan dengan masalah air, sampah menjadi masalah utama, terutama di deaerah perkotaan. Akibat sampah dimana-mana terutama di sungai menyebabkan masalah banjir dari tahun ke tahun. Sistem drainase yang buruk menjadikan masalah ini lebih besar, Disinilah pemerintah dan masyarakat harus berperan aktif untuk menjaga kebersihan sungai dan fasilitas air. Penghematan terhadap energi juga penting seperti listrik dan air. Padamkan lampu jika tidak dipakai dan gunakan air seperlunya. Ini berlaku di rumah-rumah, di kantor-kantor, dan lain sebagainya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s