Beberapa Upaya yang Dapat Dilakukan untuk Melestarikan Lingkungan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam upaya pelestarian lingkungan. Kita bisa mulai dari pelestarian tanah. Pelestarian tanah bisa berupa pelestarian tanah datar ataupun di lahan yang berbukit-bukit. Pelestarian tanah sangat penting karena sering terjadinya kerusakan tanah, tanah longsor, dan juga banjir yang akhirnya menjadi masalah yang sangat besar bagi masyarakat sekitar.

Banyaknya banjir mengakibatkan tanah semakin kurang tingkat kesuburannya. Lapisan tanah menjadi terkikis yang akhirnya menjadi kerusakan tanah. Jika tanah sudah tidak subur lagi, maka akan sulit untuk menumbuhkan tanaman-tanaman terutama tanaman pangan yang sangat diperlukan oleh manusia dan juga hewan. Untuk pelestarian tanah bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti penanaman hutan kembali.

Untuk daerah berbukit-bukit atau lahan yang memiliki tingkat kemiringan tertentu pelestarian tanah bisa dilakukan dengan sistem terasering yang berfungsi untuk mengurangi tingkat kelongsoran tanah.  Selain itu tidak membuang sampah sembarangan juga salah satu cara menjaga kelestarian tanah kecuali sampah organik yang bisa didaurkan oleh bakteri untuk menjaga kesuburan tanah. Setelah pelestarian tanah adalah pelestarian udara. Udara adalah bagian dari lingkungan yang tidak terlihat tetapi sangat penting untuk kelangsungan hidup mahluk hidup di dunia ini.

Bagi hewan dan manusia, oksigen berperan sangat penting untuk mempertahankan kehidupan mereka, jadi jika udara semakin kekurangan oksigen atau udara tercemar dengan gas-gas beracun dampaknya pun akan sangat buruk. Untuk itu diperlukan pelestarian terhadap kebersihan udara dan jumlah oksigen yang bisa dilakukan dengan meningkatkan jumlah tumbuhan yang mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah besar.

Mengurangi tingkat penebangan pohon dan menciptakan kawasan hutan lindung. Untuk mengurangi gas-gas beracun di udara bisa dilakukan dengan memperkecil emisi udara dari sisa pembakaran yang bisa terjadi karena asap kendaraan bermotor, kebakaran hutan, dan lain sebagainya. Untuk pabrik-pabrik sebaiknya menggunakan filter untuk cerobong asap supaya udara tidak terlalu terpolusi.

Pelestarian terhadap hutan juga sangat penting.  Hutan adalah paru-paru dunia karena hutan menghasilkan oksigen dalam jumlah banyak yang sangat diperlukan oleh dunia untuk bertahan hidup.  Belakangan ini ekploitasi terhadap hutan berlangsung dalam jumlah yang besar yang mengakibatkan berkurangnya hutan di Indonesia.

Kebakaran juga sering terjadi yang akhirnya tidak hanya berdampak pada pengurangan jumlah pohon tetapi juga satwa-satwa yang hidup di dalamnya. Untuk melestarikan hutan jalan yang dapat dilakukan adalah melalui reboisasi terhadap hutan yang sudah gundul, pelarangan penebangan pohon liar, pemberian sistem tebang tanam untuk menjaga pohon tidak punah, dan pemberian sanksi pada siapapun yang merusak hutan.

Laut dan pantai juga sangat perlu dilestarikan.  Sebagian kekayaan Indonesia tersebar di dalam lautan. Cara yang tepat untuk melestarikan laut dan pantai adalah dengan penanaman kembali hutan bakau di area pantai guna mengurangi abrasi laut yang mengikis tanah di sekitar pantai, pelarangan terhadap pengambilan batu karang dalam jumlah besar-besaran atau yang dilakukan secara illegal.

Hal ini dikarenakan karang laut merupakan tempat hidup bagi berbagai biota di laut seperti tanaman laut dan ikan. Larangan menggunakan bahan-bahan peledak maupun zat kimia yang berbaya saat mengambil ikan di laut termasuk larangan menggunakan pukat harimau.

Selanjutnya adalah pelestarian terhadap flora dan fauna yang bisa dilakukan dengan cagar alam, suaka margasatwa, larangan berburu secara liar, dan peningkatan penghijauan di berbagai wilayah hutan, terutama yang sudah gundul. Selain itu, sanksi-sanksi tertentu pada siapa yang melanggar juga perlu diberikan supaya  mereka tidak lagi mengulangi perbuatan mereka untuk merusak lingkungan tertutama hutan dan hewan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s