Bentuk-Bentuk dan Contoh Kerusakan Lingkungan

Berbicara masalah lingkungan, saat ini kita akan lebih cenderung akan membahas tentang kerusakan lingkungan yang sedang marak terjadi. Baik di negara kita sendiri maupun di wilayah manca negara, ada beribu-ribu kasus contoh kerusakan lingkungan yang sangat memprihatinkan. Sebagai manusia yang dianugerahi akal dan pikiran, seharusnya kita melindungi lingkungan yang kita tinggali. Namun sebaliknya, di zaman modern ini, sebagian besar manusia tidak terlalu peduli dengan kerusakan-kerusakan lingkungan yang tengah terjadi.

Biarpun tidak ikut andil dalam melakukan kerusakan lingkungan, seharusnya kita berkewajiban untuk memperbaiki lingkungan yang sudah rusak dan harus mencegah kerusakan lingkungan kembali terjadi. Berbagai macam masalah lingkungan yang terjadi sampai sekarang ini pada dasarnya disebabkan oleh sebagian besar ulah manusia.

Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh alam (gunung meletus, tanah longsor, gempa bumi, erosi, dan abrasi) hanya sekian persen saja, sedangkan jumlah prosentase yang lebih besar menunjuk pada ulah manusia yang serakah dalam mengeksploitasi alam tanpa harus meregenerasikannya lagi. Kegiatan-kegiatan manusia di lingkungan hidupnya akan menyebabkan siklus permasalahan lingkungan yang cukup rumit. Masalah lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia diwujudkan dalam berbagai contoh kerusakan lingkungan  yang tengah terjadi.

Berbagai macam kerusakan lingkungan disebabkan oleh ulah manusia yang tanpa sadar mereka telah merugikan dirinya sendiri dan terlebih lagi untuk lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa contoh kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia.

Pertama, masalah sampah yang tiap hari kian menumpuk. Walaupun sudah beribu-ribu kali digalakan instruksi untuk membuang sampah pada tempatnya, hingga saat ini masih saja banyak masalah yang ditimbulkan karena banyaknya sampah. Akibat tidak adanya penanganan sampah yang benar, tumpukan-tumpukan sampah tersebut akan mengakibatkan adanya pencemaran lingkungan seperti bau busuk sampah yang mengganggu warga sekitar, terjangkitnya penyakit, tersumbatnya saluran air dan selokan oleh sampah yang nantinya akan berakibat banjir, dan merusak keindahan lingkungan dan kenyamanan pemukiman.

Contoh kerusakan lingkungan berikutnya adalah eksploitasi flora dan fauna yang berlebihan. Saat ini banyak kasus penebangan liar dan perburuan illegal yang akan berdampak pada punahnya flora dan fauna. Hal ini akan mengakibatkan kelangkaan fauna dan flora terutama flora dan fauna yang dilindungi. Dan yang paling mengkhawatirkan adalah generasi muda kita tidak akan mengenal beberapa jenis flora dan fauna yang sudah punah akibat ulah manusia.

Dan contoh kerusakan alam yang terakhir yang disebabkan oleh ulah manusia adalah pencemaran. Pencemaran juga bisa disebut sebagai polusi. Pencemaran atau polusi biasanya terjadi karena semakin padatnya penduduk namun tidak didukung oleh bagusnya kualitas lingkungan serta tidak didukung oleh adanya aturan pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak dan smart. Dengan kata lain, pencemaran bisa diminimalisasi dengan cara pemanfaatan SDA yang berwawasan lingkungan.

Pencemaran lingkungan terbagi menjadi beberapa macam: pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara. Pencemaran-pencemaran tersebut akan membuahkan dampak negative pada kita. Dampak/ akibat adanya pencemaran antara lain: adanya tanah kritis, penyimpangan iklim, hujan asam, dan menipisnya lapisan ozon pada atmosphere bumi.

Karena begitu banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan oleh kerusakan alam, maka dari itu kita sebagai generasi muda wajib mencegah dan menjaga lingkungan hidup kita demi kita sendiri dan generasi-generasi setelah kita. Cara menjaga lingkungan yang baik yaitu dengan cara menggunakan/memanfaatkan SDA dengan smart dan bijak tanpa harus mengeksploitasinya secara berlebihan.

Dan untuk mencegah adanya kerusakan lingkungan, sebaiknya kita regenerasi kembali unsur-unsur alam yang mampu merecovery kerusakan alam yang sudah terjadi sebelumnya. Mulai dari sekarang mari kita manfaatkan lingkungan secara baik dan benar serta tetap berwawasan lingkungan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s