Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang Efektif

Berapa bayak diantara kita yang mengeluhkan masalah sampah? Tumpukan sampah memang mengganggu pemandangan (juga penciuman) disekitar kita. Daripada saling menyalahkan, mari kita tengok cara efektif untuk mengelola rumah tangga supaya kita bisa menjaga rumah tetap bersih sekaligus mengurangi tumpukan sampah di lingkungan secara tidak langsung. Berikut ini cara mudah dan sederhana mengelola sampah rumah tangga.

Pertama, pisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Langkah ini sangat penting untuk melakukan pengelolaan sampah yang lebih baik di rumah. Pisahkan sampah organik, kaca, kertas, plastik dan sampah kimia di tempat khusus. Untuk sampah organik, anda bisa membuat lubang sampah sederhana untuk membuat sampah organik. Jika lubang sudah mampir penuh, tutup lubang dengan tanah dan gali lubang yang baru. Selain mengurangi tumpukan sampah, cara ini juga menambah kesuburan tanah di pekarangan rumah anda.

Selain membuat lubang di tanah, anda bisa mengadopsi kotak cacing yang banyak digunakan diluar negeri. Kotak cacing ini dibuat dengan meletakkan daun-daun dan sampah organik kedalam kotak logam, kemudian beberapa cacing dimasukkan untuk membusukkan sampah tersebut. Setelah penuh, sampah yang telah berubah menjadi humus bisa dipakai untuk menyuburkan tanaman di pekarangan.

Selain lubang sampah dan kotak cacing, anda juga dapat mengolah sampah organik disekitar anda menjadi kompos dengan system terowongan udara. Tumpuk sampah organik diatas segitiga yang dibuat dari kayu atau bambu dengan tinggi 20 cm dan panjang 1,5 hingga 2 meter. Siram secara teratur agar tetap lembab. Jika bagian bawah sudah menyerupai tanah, balik lapisan hingga semua sampah merubah menjadi kompos.

Kompos-kompos organik ini tidak hanya mampu mengurangi sampah, tetapi juga bisa menjaga kesuburan tanah. Pemakaian kompos jauh lebih alami dan hemat dibandingkan memakai pupuk sistesis.

Untuk sampah kertas, botol dan plastik, anda bisa langsung membawanya ke tempat daur ulang terdekat.  Jika tidak buanglah ditempat sampah setelah mengkategorikannya berdasarkan jenisnya.

Karena pengelolaan sampah yang baik tidak hanya soal menangani sampah yang sudah ada, kita juga perlu mengurangi jumlah sampah. Berikut ini langkah-langkah sederhana untuk mengurangi sampah di rumah.

1. Membawa tas plastik atau kain dari rumah saat belanja.
2. Mengurangi membeli produk sachet.
3. Memakai ulang toples atau botol bekas.

Selain contoh langkah-langkah diatas, ada banyak cara lain yang bisa dipakai untuk mengurangi sampah dirumah anda. Jika memungkinkan, ajaklah tetangga disekitar anda untuk melakukan hal yang sama agar semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga secara mandiri. Jika secara kontinu dilakukan, bukan tidak mungkin jumlah timbunan sampah akan berkurang lebih dari separuhnya.

Untuk memperbarui informasi dan ide pengelolaan sampah, anda bisa membuka referensi di internet yang fokus akan pengelolaan sampah. Tidak ada salahnya juga membuka ide-ide recycle dan reuse kreatif yang ada di internet agar semakin menambah efektif usaha kita untuk membuat suasana rumah yang bersih dan nyaman. Jika rumah bebas dari timbunan sampah, kesehatan keluarga juga bisa lebih terjamin.

Sudah bukan jamannya lagi kita bersikap acuh terhadap sampah. Membuang sampah sembarangan dan diam melihat tumpukan sampah adalah cerminan orang malas dan acuh. Mari kita perbaiki keadaan sekitar dengan mulai dari hal yang sederhana dan dimulai dari rumah kita sendiri. Percayalah, hal yang kecil bisa besar manfaatnya jika dilakukan secara kolektif dan terus-menerus.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s