Faktor Penyebab Penimbunan Sampah dan Solusinya

Faktor penyebab penimbunan sampah perlu untuk kita cegah agar resiko pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh keberadaan sampah dapat kita minimalisir sebisa mungkin.

Saat ini sudah terlalu banyak daerah yang dijadikan sebagai TPA atau tempat pembuangan sampah yang sebenarnya ditujukan untuk memusatkan lokasi pembuangan sampah, namun pada kenyataannya, pengelolaan sampah pada tempat-tempat pembuangan sampah tersebut tidak dilakukan secara maksimal.

Akibat yang terjadi adalah, keberadaan sampah-sampah pada tempat-tempat pembuangan tersebut makin hari makin menggunung dan menimbulkan banyak efek negatif bagi lingkungan dan kesehatan kita.

Mengingat begitu besarnya dampak yang dihasilkan oleh timbunan sampah yang makin menggunung tersebut, maka kita perlu melakukan penanggulangan sedini mungkin.

Cara efektif atasi sampah dengan mengetahui faktor penyebab penimbunan sampah.

Namun sebelum kita turut serta berperan dalam proses penanggulangan sampah-sampah tersebut, sebelumnya kita perlu mengetahui faktor penyebab penimbunan sampah tersebut, hal ini sangat penting untuk kita ketahui sebelumya agar kita mengetahui cara yang paling efektif untuk menanggulangi masalah penimbunan sampah tersebut.

Ada beberapa faktor mendasar yang menyebabkan sampah-sampah pada tempat pembuangan sampah menjadi makin menimbun setiap harinya. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah kurangnya kesadaran kita dalam membedakan jenis-jenis sampah dalam pembuangannya.

Ketidakmampuan kita dalam membedakan pembuangan sampah menurut jenis dan macamnya dapat membuat proses penguraian sampah menjadi terhambat.

Hal ini disebabkan oleh bercampurnya jenis sampah yang satu dengan yang lain yang menyebabkan bakteri kurang maksimal dalam mengurai jenis sampah yang dapat terurai atau jenis sampah organik yang dikarenakan terhalang oleh keberadaan jenis sampah yang tidak dapat diuraikan atau jenis sampah anorganik. Maka kita harus dapat membedakan jenis-jenis sampah berdasarkan sifatnya agar proses penguraiannya dapat berlangsung dengan lebih optimal.

Kita dapat memulai mencegah faktor penyebab penimbunan sampah tersebut mulai dari rumah kita sendiri dengan cara membedakan tempat sampah berdasarkan sifatnya. Setidaknya dengan begitu petugas kebersihan tidak akan kesulitan untuk memisahkan sampah-sampah tersebut. Namun, masalah kemudian datang ketika kita berhubungan dengan sampah di luar rumah kita.

Andil pemerintah dalam faktor penyebab penimbunan sampah.

Sarana dan prasarana dari pemerintah yang seharusnya dapat membantu kita dalam memilah jenis-jenis sampah tersebut saat ini tersedia masih sangat minim.

Memang sudah banyak tempat sampah yang disediakan dengan fungsinya yang berbeda untuk jenis-jenis sampah yang berbeda pula. Namun, keberadaan tempat sampah tersebut masih terbatas pada tempat-tempat yang ramai di kota-kota besar saja. Sehingga masih banyak tempat sampah yang masih berupa satu tempat untuk berbagai macam sampah.

Akan lebih baik jika pemerintah lebih memperhatikan keberadaan tempat sampah organik dan anorganik dengan menambah keberadaan tempat sampah tersebut hingga ke perumahan sekalipun.

Kemudian, ada juga faktor penyebab penimbunan sampah yang disebabkan oleh ketidak-tepatan metode pengolahan sampah sejak dari sumbernya.

Sering kita temui dalam industri rumah tangga, misalnya, kurang tepat dalam mengelola limbah yang mereka hasilkan seperti mencampur limbah cair dengan limbah padat sehingga mempersulit proses pemisahan kedua jenis sampah tersebut, dan pada akhirnya ketika di TPA, limbah tersebut hanya akan menambah timbunan sampah yang telah ada begitu saja.

Jika keadaan yang seperti ini kita biarkan terjadi berlarut-larut, maka akan muncul dampak-dampak negatif baik bagi kesehatan kita, lingkungan, maupun bagi keberadaan bumi kita ini sendiri.

Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, setidaknya kita dapat mencegah makin meningginya timbunan sampah pada TPA yang telah ada sehingga secara tidak langsung kita dapat mencegah dampak-dampak negatif yang mungkin disebabkan oleh makin meningginya timbunan sampah tersebut.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s