Penyakit-penyakit Akibat Narkoba Berdasarkan Jenisnya

cocaine-396751_640

Penyakit-penyakit akibat narkoba merupakan ancaman lain bagi seseorang yang sudah memutuskan untuk berhubungan dengan narkoba. Akan sangat mustahil bagi seseorang untuk tetap sehat bila ia sudah bersinggungan dengan narkoba. Hal ini disebabkan karena zat-zat yang terkandung dalam obat-obatan yang termasuk dalam narkoba tersebut memiliki sifat dan kemampuan untuk merusak tubuh penggunanya dari dalam.

Banyak sekali macam dan jenis narkoba itu sendiri dan setiap jenisnya memberi efek yang berbeda-beda pada penggunanya, mulai dari yang paling ringan hingga yang paling berat yang akan berujung pada kematian. Narkoba memang benar-benar merupakan ancaman terbesar bagi setiap orang, khususnya bagi mereka yang masih labil dan tidak bisa mengendalikan diri mereka untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Akan sangat berbahaya jika kita sudah berani untuk mencoba menggunakan narkoba, walaupun hanya sekali, karena efek candu yang akan diberikan oleh narkoba sangatlah kuat. Sehingga, walaupun seseorang hanya mencoba menggunakannya sekali saja, ia akan memiliki keinginan untuk terus dan terus menggunakannya lagi.

Efek candu tersebut sangat hebat untuk dirasakan si pengguna karena dapat menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat pada tubuh si pengguna jika keinginan untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut tidak dapat terpenuhi. Bahkan, keadaan ini dapat berujung kritis yang mampu menyebabkan si pengguna meninggal. Itu adalah gambaran umum dari rasa sakit akibat narkoba.

Untuk lebih khususnya, penyakit-penyakit akibat narkoba dapat dibedakan menjadi tiga kategori. Kategori-kategori tersebut antara lain adalah penyakit yang disebabkan oleh narkoba langsung, penyakit yang disebabkan karena infeksi dari cara pemakaian narkoba, serta penyakit yang disebabkan oleh akibat tidak langsung dari penggunaan narkoba. Untuk jenis penyakit yang pertama, hal ini sudah jelas akan dialami oleh siapa saja yang menggunakan narkoba secara berlebihan.

Zat-zat yang terkandung dalam narkoba memiliki potensi untuk merusak syaraf-syaraf penting dalam tubuh jika digunakan tanpa kendali. Padahal pada dasarnya, jika digunakan sesuai dosis dan aturan obat-obatan tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan.

Rusaknya syaraf-syaraf tersebut mengakibatkan rusaknya kinerja organ-organ tubuh seperti otak dan jantung.  Jika kedua organ tubuh yang paling penting tersebut sudah terganggu, bukan tidak mungkin seorang pengguna narkoba akan lebih cepat menghadapi kematiannya.

Selain itu, penyakit-penyakit seperti sakit perut yang teramat sangat dan tekanan darah tinggi, yang dapat berujung pada pecahnya pembuluh darah,  juga termasuk ke dalam kategori ini. Untuk kategori penyakit-penyakit akibat narkoba berikutnya, penyakit yang dihasilkan adalah penyakit yang menjadi akibat dari infeksi saat seseorang sedang menggunakan narkoba.

Pada umumnya, narkoba digunakan secara bersama-sama dan dengan berbagai cara. Salah satu cara menggunakan narkoba adalah dengan menyuntikkan obat-obatan tersebut ke dalam tubuh. Untuk melakukannya, para pengguna biasanya menggunakan jarum suntik secara bergantian. Dengan demikian, penyakit yang berpotensi menyerang pengguna narkoba dalam hal ini antara lain adalah HIV/AIDS, Hepatitis, serta Sipilis.

Jenis penyakit yang terakhir adalah penyakit yang disebabkan oleh efek tidak langsung dari penggunaan narkoba. Dapat dikatakan demikian karena dengan menggunakan narkoba, sama saja kita sedang pelan-pelan merusak jaringan kekebalan pada tubuh kita. Sehingga, segala macam penyakit dari luar akan sangat mudah sekali untuk menular pada tubuh kita.

Jadi, tidak mengherankan jika hampir semua pengguna narkoba menjadi mudah sekali untuk sakit dan cepat meninggal dunia. Dengan mengetahui penyakit-penyakit akibat narkoba, setidaknya kita dapat lebih menyayangi diri kita dan menghindar sebisa mungkin dari jeratan narkoba.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s