Dampak Narkoba Bagi Pelajar dan Kemampuan Belajarnya

Dampak narkoba bagi pelajar adalah salah satu hal yang paling penting untuk kita sadari dan kita atasi bersama-sama. Narkoba memang sudah bukan merupakan hal yang asing lagi di telinga kita, namun banyak dari kita yang belum tahu persis akan macam-macam narkoba serta resiko-resiko yang mungkin diberikan dari narkoba itu sendiri. Dengan kurangnya pengetahuan, kemampuan kita untuk dapat mencegah semakin meluasnya kasus narkoba di negeri ini. Maka dari itu, membekali diri kita masing-masing dengan pengetahuan yang cukup dapat membantu kita dalam pencegahan panyalahgunaan narkoba, setidaknya dari diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita seperti keluarga. Dalam hal ini, pelajar menjadi fokous bahasan dikarenakan pada usia-usia pelajarlah orang mudah terpengaruh. Pada usia-usia ini, seseorang sedang mencari jati dirinya. Dalam pencarian jati diri ini, bukan tidak mungkin seseorang akan mencoba segala sesuatu yang menurutnya baru, tidak terkecuali narkoba. Dari sinilah kita perlu membatasi akan apa-apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk mereka coba.

Remaja, khususnya pelajar adalah generasi muda yang kelak akan meneruskan kehidupan bangsa kita. Bahkan, suatu Negara sudah pasti rusak jika generasi mudanya juga rusak. Ada banyak faktor yang dapat merusak sebuah generasi muda dan salah satu momok bagi mereka adalah narkoba. Pada awalnya mungkin mereka tidak akan menyadari bahwa yang sedang mereka coba adalah maut. Yang mereka tahu hanyalah perasaan lebih percaya diri dan lebih dihargai setelah menggunakan obat-obatan terlarang tersebut. Tanpa mereka sadari, waktu akan membawa mereka ke dalam dampak dan resiko yang sangat mengerikan, baik bagi kesehatan mereka, mental, maupun bagi kehidupan sosial mereka. yang bahkan dapat berujung pada kematian. Dampak narkoba bagi pelajar sebenarnya hampir sama dengan dampak yang akan diperoleh oleh pengguna narkoba lainnya, namum dalam hal  ini, narkoba akan memberi pengaruh yang sangat buruk terhadap tugas utama mereka yaitu belajar.

Secara umum, kita akan mendapati tiga macam dampak narkoba bagi pelajar. Ketiga dampak umum tersebut dapat dikategorikan menjadi dampak bagi kesehatan si pengguna, dampak bagi mental si pengguna, serta dampak bagi kehidupan sosial bermasyarakat si pengguna. Dari segi kesehatan, para pelajar yang pada awalnya mempunyai kondisi tubuh yang prima, lama kelamaan akan mengalami penurunan kesehatan dengan drastic secara umum. Hal ini disebabkan oleh kemampuan dari zat-zat yang terkandung dalam obat-obatan tersebut untuk merusak system syaraf yang ada pada tubuh yang sebagian besar berperan dalam mengatur kinerja vital tubuh, seperti otak dan jantung. Rusaknya system kerja otak akan memberi pengaruh langsung pada kemampuan belajar seorang pelajar yang mengkonsumsi narkoba. Selain itu, penggunaan narkoba yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah penggunanya dan lama kelamaan menyebabkan pecahnya pembuluh darah.

Resiko akan terganggunya system reproduksi serta resiko akan terjangkit oleh penyakit AIDS juga merupakan dampak narkoba bagi pelajar. Kemudian dari segi kejiwaan atau mental, narkoba akan memberi efek gelisah dan tertekan pada para pelajar yang menggunakannya terlebih saat mereka membutuhkan obat-obatan tersebut. yang sudah pasti dapat mereka rasakan juga adalah melemahnya kemampuan mereka untuk berkonsentrasi karena terlalu sering berhalusinasi dan berkhayal. Menjadi lebih sensitive dan agresif juga merupakan tanda-tanda yang akan mereka rasakan.

Sedangkan dari segi sosial bermasyarakat, seorang pelajar yang menggunakan narkoba akan cenderung menyendiri dan tidak suka bergaul. Yang lebih membahayakan adalah ketika sampai pada saatnya mereka kecanduan dan harus segera mendapatkan obat-obatan tersebut. bukan tidak mungkin mereka akan melakukan segala cara termasuk dengan berbuat kriminal sehingga akan meresahkan keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita mencegah hal tersebut agar dapat meminimalisir dampak narkoba bagi pelajar.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s