Ciri-ciri Pengguna Narkoba

Ciri-ciri pengguna narkoba sebenarnya sangat mudah untuk kita identifikasi karena pada dasarnya narkoba mempunyai kemampuan untuk merubah pribadi seseorang menjadi berbeda bahkan hingga 180 derajat. Sudah tidak asing lagi dalam telinga kita apa itu narkoba. Narkoba adalah kependekan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Beberapa jenis dari obat-obatan tersebut memeng digunakan dalam dunia kedokteran, namun tetap dalam dosis yang sesuai dengan aturan kesehatan dan harus melalui pengawasan tentunya. Dalam dosis yang telah ditentukan, obat-obatan tersebut pasti akan memberikan manfaat bagi manusia.

Namun, yang saat ini sedang marak terjadi adalah penyalahgunaan dari penggunaan obat-obatan tersebut. Obat-obatan tersebut digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam dosis berlebih dan berulang-ulang hingga menyebabkan efek kecanduan. Itu adalah efek umum yang akan ditimbulkan oleh narkoba yang penggunaannya disalahgunakan. Padahal, masih akan ada banyak lagi efek-efek yang akan disebabkan, baik itu efek bagi kesehatan fisik si pengguna, kesehatan mental dan psikologinya, serta efek bagi lingkungan sekitarnya.

Maka dari itu, kita perlu turut serta berpartisipasi dalam upaya memberantas keberadaan narkoba. Namun, sebelum kita melakukan aksi tersebut, kita juga perlu mengetahui ciri-ciri pengguna narkoba. Hal ini akan mempermudah kita untuk dapat mengidentifikasi bahwa seseorang sedang menjadi pengguna narkoba atau tidak sehingga kita dapat melakukan tindak lanjut seperti membawanya ke pusat rehabilitasi, dan sebagainya.

Ada beberapa tanda-tanda yang khas pada seseorang yang sedang menjadi pecandu atau pengguna narkoba. Tanda-tanda tersebut dapat kita ketahui baik secara fisik maupun dari tingkah laku si pengguna. Dilihat dari keadaan fisiknya, seorang yang telah mengalami kecanduan pada obat-obatan terlarang akan mengalami banyak gangguan kesehatan.

Yang paling jelas terlihat adalah menurunnya berat badan secara drastis. Hal ini disebabkan oleh obat-obatan tersebut yang memberi efek tidak merasa lapar. Selain itu, pengguna narkoba cenderung bermata cekung dan merah sehingga membuatnya tampak sangat pucat dengan bibir yang berwarna kehitam-hitaman.

Karena penyalahgunaan dari obat-obatan tersebut akan memberikan efek langsung pada otak, maka fungsi otakpun akan terganggu sehingga fungsi tubuhpun mengalami perubahan. Cara kerja tubuh menjadi kurang seimbang sehingga menimbulkan gejala-gejala fisik seperti memproduksi keringat berlebih, kemampuan alat ekresi yang kurang lancar sehingga aktivitas buang air besar dan kecil menjadi terganggu. Proses pencernaan pada tubuhpun juga akan terganggu sehingga muncul gejala sering sakit perut tiba-tiba pada pengguna narkoba. Secara umum, pengguna narkoba akan mengalami penurunan kualitas kesehatan secara  tajam.

Selain dari tanda-tanda fisik, kita juga dapat mengenali seorang pecandu narkoba dari tingkah laku dan perubahan psikologisnya. Seorang pengguna narkoba akan dipicu untuk memiliki daya imajinasi yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan mereka suka mengkhayal akan hal-hal yang tidak masuk akal. Selain itu, fungsi otak yang terganggu juga akan menyebabkan daya ingatnya menurun drastis dan si pengguna akan kehilangan kemampuannya untuk berkonsentrasi.

Yang paling berbahaya dari ciri-ciri pengguna narkoba secara psikologis adalah jika mentalnya telah terganggu sehingga segala cara akan dilakukannya untuk dapat mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Hal ini akan mendorong mereka untuk berbuat criminal sehingga dapat meresahkan keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu, sebelum terjadi kemungkinan-kemungkinan yang lebih buruk seperti overdosis atau tertular penyakit HIV AIDS, kita perlu mengambil tindakan sesegera mungkin dengan check darah dan kemudian membawa si pengguna ke pusat rehabilitasi. Untuk dapat melakukannya, kita juga perlu menjadi lebih peka terhadap orang-orang yang berada di sekitar kita dengan mengenali ciri-ciri pengguna narkoba.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s