Penyebab Kelangkaan Air Perlu untuk Diatasi

Penyebab kelangkaan air saat ini akan sangat mudah sekali untuk kita temui. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan keberadaan air menjadi sangat langka saat ini. Kelangkaan air adalah salah satu kejadian alam yang sangat memprihatinkan mengingat air adalah salah satu sumber daya pokok yang harus selalu ada untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup di Bumi ini khususnya manusia. Bahkan dapat dikatakan bahwa manusia tidak akan mungkin dapat bertahan hidup tanpa air. Hal ini disebabkan oleh kegiatan hidup manusia yang sebagian besar bergantung pada keberadaan air, misalnya seperti untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci, dan lain-lain, dan semua itu membutuhkan kualitas air yang bersih. Namun saai ini, semakin hari, air bersih semakin sulit ditemukan. Bukan hanya di satu daerah, melainkan sudah merambah ke berbagai belahan bumi ini.Kejadian memprihatinkan seperti ini tentu saja bukan tidak ada sebabnya. Sudah pasti ada yang telah mengawali untuk membuat Bumi ini jadi miskin akan air bersihnya.

Sudah bukan hal yang aneh jika kita menemukan banyak sekali kasus kekurangan air bersih terjadi di berbagi daerah di Indonesia ini.Bahkan kasus seperti ini juga terjadi di berbagai belahan dunia.Sebagian orang berfikir bahwa hal ini disebabkan oleh keadaan Bumi yang memang sudah menua.Namun, terlepas dari keadaan bumi saat ini, peran kita sebagia manusia yang menghuni bumi juga sangat besar berperan dalam menipisnya ketersediaan air bersih saat ini.Kebanyakan dari kita hanya memakai air untuk memenuhi kebutuhan hidup kita dengan tanpa memikirkan cara memperbaharuinya. Hal tersebut hanyalah salah satu contoh umum yang dapat kita temukan untuk penyebab kelangkaan air.  Pada dasarnya semuanya di awali dari kebiasaan buruk manusia yang suka menghambur-hamburkan air tanpa peduli akan cara untuk mempertahankan keberadaan air bersih tersebut. Contoh kecil dapat kita ambil dari pembuangan air yang sudah tercemari deterjen, misalnya, yang langsung dibuang ke saluran pembuangan tanpa melalui saluran pengolahan limbah.Hal ini menyebabkan air yang mengalir untuk kembali digunakan menjadi kurang terjamin kebersihannya.Sehingga banyak dijumpai saat ini air dengan bau yang tidak sedap ataupun berwana keruh walaupun air itu berasal dari PAM.

Selain itu, kebiasaan manusia dalam membuang sampah sembarangan seperti di sungai juga menyebabkan tercemarnya ketersediaan air di bumi ini.Sungai yang kotor pasti memiiki kualitas air yang kotr pula. Sehingga tidak layak lagi digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia.Minimnya permukaan tanah saat ini juga menjadi salah satu penyebab kelangkaan air. Permukan tanah sudah sangat sulit untuk kita temui saat ini dikarenakan suda banyak tertutupi oleh lapisan aspal dan beton.Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan bumi untuk menyerap air sehingga tidak dapat diproses ulang menjadi air tanah yang bersih.Keadaan ini makin bertambah parah karena fenomena tersebut tidak dibarengi dengan pembangunan resapan air yang memadai. Selain itu, keberadaan hutan yang kaya akan pohon yang mampu mengikat dan menyimpan air dalam akarnyapun sudah mulai tergusur dengan keberadaan gedung-gedung bertingkat dan pemukiman. Itu juga merupakan salah satu penyebab utama keterbatasan air bersih saat ini. Maka dari itu, sangat diperlukan adanya pemecahan untuk masalah ini dengan cara mengatasi penyebab kelangkaan air.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s