Renovasi Rumah Minimalis

Hari libur memang menyenangkan untuk diisi dengan kegiatan liburan atau bersantai di rumah. Beberapa orang justru memilih hari liburnya untuk menata kembali rumah. Menambah dekorasi atau merubah struktur rumah. Akan direnovasi seperti apa, rumah dengan lahan sempit ini. Itu adalah bayangan yang seringkali membuat orang untuk mengurungkan niat merenovasi rumahnya.

Renovasi Rumah: Susah atau Tidak?

Merenovasi rumah pada dasarnya adalah mengubah tata letak ruangan, atau memindahkan barang, dari satu ruangan ke ruangan lain. Beberapa hal yang mungkin dapat dipersiapkan dalam merenovasi rumah antara lain, mengmpulkan referensi sebanyak-banyaknya. Referensi dapat menjadi rangsangan awal dalam mengembangkan imajinasi kita. Gambaran-gambaran desain akan muncul seiring pembacaan terhadap beraneka macam referensi.

Sering kali mucul keinginan untuk mendesain rumah seminimalis mungkin, agar rumah terlihat modern. Pengembangan dekorasi modern dapat dilakukan dengan menambahkan taman ataupun ruangan vertikal bagi yang memiliki tanah sempit, sebaliknya horizontal diterapkan bagi yang memiliki lahan lebih.

Tahapan berikutnya adalah persiapan, dalam hal ini yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alokasi dana. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan ini sangat berkorelasi dengan suasana hati, kondisi yang baik juga memperngaruhi gambaran perncanaan yang ideal, selaras dengan apa yang bisa dikerjakan.

Pada umumnya renovasi rumah akan dikerjakan sendiri, sehingga perlu melakukan perencanaan anggaran biaya, tenaga, dan perkiraan waktu selesai pengerjaan dekorasi dan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan arsitek atau kontraktor untuk merenovasi rumahnya.

Persiapan-persiapan meliputi pemilihan desain yang diminati, kemudian pemilihan bahan yang disesuaikan budget dana renovasi. Jasa renovasi dapat menjadi pilihan rasional, karena biasanya sudah dilengkapi dengan rancangan yang dapat disesuaikan dengan kondisi rumah.

Persiapan ini meliputi pemilihan desain yang diminati oleh pelanggan dan kemudian pemilihan bahan yang disesuaikan budget dana renovasi pelanggan. Bila telah memilih bahan-bahan yang diinginkan, bagian pengerjaan dapat diserahkan saja dan tinggal menunggu hasil.

Merenovasi Rumah Itu Menyenangkan

Bagi yang memiliki rumah dengan lahan sempit, kebanyakan memilih untuk menambah lantai atau yang menginginkan memiliki taman sebagai tempat bersantai keluarga akan membuatnya di lantai paling atas rumah yang dapat bersentuhan dengan matahari dan udara bebas. Perlu diingat dalam merenovasi rumah yang lebih sempit, konsep penambahan ruang vertikal dapat menjadi pilihan, konsep vertikal adalah bukan tergantung seberapa lantai yang akan ditambah dalam rumah tersebut.

Jika hanya sekedar menambah lantai tentu akan mengurangi nilai estetis rumah dari luar. Jadi tidak semata-mata hanya menambah lantai tetapi juga bagaimana rumah akan terlihat indah seperti menambahkan bagian pada dinding, tangga, atau lantai dasar tertentu agar terlihat lebih dinamis. Beberapa kasus rumah juga dapat diterapkan konsep rumah joglo dengan atap yang melebar dapat menutupi kesan rumah yang terlalu banyak lantai. Dari dalam bisa saja memiliki 2-4 lantai.

Pandangan dari luar hanya terlihat rumah dengan 1 lantai dan atap yang menaungi rumah dengan lebar sampai dengan lantai 1. Rumah dengan lahan sempit juga sangat sesuai dengan model rumah modern minimalis karena sangat mempengaruhi tata letak ruang yang sederhana, tapi bagi kebanyakan kasus rumah juga masih sesuai dengan menerapkan model rumah klasik.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s