Ayo Wujudkan Lingkungan yang Bersih, Sehat dan Indah

Lingkungan Bersih dan Sehat Dimulai dari Diri Sendiri

Semua orang pasti tidak ingin tinggal di tempat yang kumuh, tidak terawat dan banyak sampah berserakan di sekitarnya termasuk kita sendiri. Kita pasti ingin tinggal di rumah yang bersih, rapi dan teratur. Namun tahukah anda, saat ini banyak orang yang tidak peduli lagi akan hal tersebut. Banyak orang yang sudah lupa kalau lingkungan yang bersih itu ada karena kita yang mewujudkannya sendiri.

Saat ini banyak sekali orang yang membuang sampah sembarangan di jalan, taman maupun selokan. Contohnya ketika ada orang merokok lalu seenaknya membuang puntungnya di jalan tanpa memikirkan apa akibatnya. Begitu juga dengan orang yang membuang bungkus makanan atau sampah plastik sembarangan di selokan atau di taman umum. Mereka tidak mengerti apa akibat dari perilaku tidak baik mereka tersebut.

Tidak heran jika sekarang banjir terjadi dimana – mana, tidak hanya di kota besar saja, sekarang banjir sudah menerjang ratusan kota kecil di Indonesia akibat perilaku manusia yang sembarangan tersebut. Bukankah kebersihan lingkungan itu ada karena kita sendiri yang menjaganya? Oleh karena itu, perlu kesadaran bagi diri kita masing masing bahwa membuang sampah itu harus pada tempatnya yang sesuai.

Sekarang di jalan raya, di sekolah, di lingkungan kampus bahkan di lingkungan kantor dan rumah sakit sudah disediakan tempat sampah yang sudah dipisah untuk sampah plastik, sampah kertas dan organik. Seharusnya kita bisa memanfaatkan fasilitas itu dengan sebaik mungkin agar tercipta lingkungan bersih sesuai harapan semua orang. Tahukah anda, lingkungan yang kotor itu merupakan sumber dari berbagai jenis macam penyakit menular.

Jadi, kita sebagai generasi penerus bangsa harus membiasakan diri untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kita dan menjadi contoh yang baik bagi generasi penerus selanjutnya. Mulailah dari hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempat sampah, membersihkan pekarangan rumah dan dalam rumah dengan menyapu atau mengepelnya. Biasakan juga membersihkan genangan air agar tidak menjadi sarang nyamuk penyebab penyakit.

Lingkungan Bersih dan Sehat Pasti Indah Dipandang

Selain mencegah timbulnya penyakit, lingkungan bersih juga pasti akan lebih indah jika dipandang. Anda tentu akan memilih untuk duduk di taman yang penuh bunga dan bersih dibandingkan dengan duduk di pinggir jembatan yang terdapat sampah berserakan di sekitarnya. Begitu pula apabila lingkungan anda bersih, anda akan lebih betah untuk tinggal disana dibandingkan dengan tinggal di lingkungan yang kotor.

Lingkungan bersih merupakan hak semua orang, namun mewujudkan lingkungan bersih adalah kewajiban semua orang. Kita tidak boleh menyerahkan semua tugas untuk membersihkan lingkungan kepada petugas kebersihan karena petugas kebersihan tidak akan membersihkan tempat yang tidak bisa dijangkaunya seperti dalam rumah kita.

Membiasakan hidup bersih sejak kecil juga dapat menjadi contoh yang baik untuk anak kita kelak dan juga untuk menjaga kesehatan keluarga kita kelak.

Lingkungan bersih memang akan terlihat lebih indah dan asri. Udaranya akan lebih sejuk dan lebih sehat untuk ditinggali. Selain menjadi tempat yang sehat untuk ditinggali, lingkungan yang bersih juga pasti akan membuat anda lebih nyaman tinggal di dalamnya.

Mewujudkan lingkungan bersih tidaklah berat, hal – hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya seperti di atas tadi sudah menunjukkan bahwa kita peduli pada kebersihan lingkungan sendiri.

Jika sudah bisa membiasakannya, kita bisa menerapkannya untuk membantu lingkungan tempat tinggal orang lain di sekitar kita supaya menjadi bersih, sehat serta indah dipandang. Kalau bukan kita yang membuat lingkungan menjadi indah, siapa lagi?

Ayo terus wujudkan lingkungan yang bersih, sehat sehingga indah untuk dilihat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s