Lingkungan Sehat Vs Lingkungan Tidak Sehat

Kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh seberapa baik lingkungannya. Lingkungan yang dimaksud di sini lebih pada lingkungan hidup yang berada di sekitar rumah atau tempat tinggal. Jika lingkungan ini baik, maka besar kemungkinan kita akan memiliki kehidupan yang baik pula; dan sebaliknya.

Kalau pun kita memiliki kebiasaan hidup yang cukup baik, tetapi lingkungan sekitar tidak memiliki ritme yang sama; maka bisa jadi kualitas hidup kita menjadi tidak baik pula, terlebih jika kita tidak bisa mempengaruhi masyarakat sekitar untuk mengusahakan lingkungan yang sehat.

Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat

Ada beberapa indikasi yang menunjukkan kualitas sebuah lingkungan; sehat atau tidak sehat. Dengan mengenali ciri-cirinya, kita (seharusnya) menjadi tahu apa yang harus dilakukan.

Lingkungan sehat sendiri adalah lingkungan yang memiliki tingkat kebersihan bagus; ciri-ciri yang jelas bisa dilihat antara lain:

  1. Tidak adanya sampah yang berserakan dimana-mana
  2. Udara yang segar dan bersih, bebas dari polusi udara
  3. Mempunyai sumber air bersih yang masih terjaga kebersihan dan kemurniannya
  4. Terdapat banyak pepohonan dan tanaman hijau
  5. Tanah masih tergolong subur
  6. Air sungai yang jernih dan bersih; tidak ada sampah atau limbah yang mengotori dan mencemari sungai

Sementara itu, lingkungan yang tidak sehat memiliki tanda-tanda yang berlawanan, seperti:

  1. Tanah yang tandus sehingga sulit untuk ditanami tumbuhan serta pepohonan
  2. Kotornya sumber air dan sungai
  3. Terdapat genangan-genangan pada saluran air; beberapa malah tersumbat oleh sampah
  4. Sulitnya mendapat udara bersih nan sejuk karena banyak polusi yang timbul dari asap dan debu
  5. Sampah bertebaran di berbagai tempat karena tidak ada tempat pembuangan sampah yang jelas atau kebiasaan buruk masyarakat dalam membuang sampah

Dampak Lingkungan Tak Sehat Bagi Kehidupan

Lingkungan yang tidak sehat pasti memberikan pengaruh bagi orang-orang yang tinggal di sekitarnya. Selain membuat hidup sehari-hari menjadi tidak nyaman; misalnya karena melihat tumpukan sampah di banyak tempat; lingkungan yang tak sehat ini akan menimbulkan dampak signifikan bagi kondisi kesehatan mereka.

Pencemaran udara

Di lingkungan yang tidak sehat, pencemaran udara yang berasal dari asap pabrik, asap kendaraan, dan lainnya bisa mengakibatkan sejumlah penyakit. Hal ini dikarenakan oleh kandungan udara yang telah terkontaminasi oleh bibit penyakit, debu, serta zat kimia yang berbahaya untuk tubuh. Sejumlah penyakit seperti asma, sesak nafas, bahkan kanker bisa terjadi pada orang-orang yang tinggal di lingkungan tersebut.

Pencemaran tanah

Tanah yang tercemar cenderung berubah menjadi tidak subur; karena zat-zat pencemar yang masuk ke dalamnya. Di samping itu, tumbuhan yang hidup di atasnya pun bisa turut menyerap zat berbahaya ini; yang pada akhirnya berpotensi masuk ke tubuh manusia juga hewan.

Pencemaran air

Air adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Apa jadinya jika komponen penting ini mengalami pencemaran? Tentu akan menimbulkan kesulitan bagi manusia. Sungai yang airnya tercemar oleh sampah misalnya, tidak akan bisa lagi dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi sebagian kebutuhannya.

Bahkan, sungai yang telah tercemar parah oleh limbah cair dan sampah pun bisa memunculkan bau tak sedap, yang berarti mengganggu kenyamanan masyarakat di sekitarnya.

Masih banyak dampak negatif yang mungkin timbul dari tidak sehatnya lingkungan di sekitar kita; yang skalanya bisa bertambah besar jika tidak ada upaya untuk mengatasinya. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mengusahakan lingkungan sehat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s