Cara Sederhana Melestarikan Lingkungan

Lingkungan memang harus kita lestarikan karena sangat penting untuk kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya di bumi. Sejalan dengan waktu, bumi semakin tua dan membutuhkan perhatian lebih.

Banyak sekali sumber daya alam dari bumi yang dibutuhkan oleh seluruh mahluk hidup untuk melanjutkan hidupnya. Karena ada beberapa sumber daya alam yang tidak bisa diproduksi secara alami dengan cepat, maka manusia memiliki kewajiban untuk segera melakukan tindakan penyelamatan lingkungan.

Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap lestari. Berikut ini adalah cara sederhana untuk melestarikan lingkungan hidup.

Mengurangi konsumsi energi

Jumlah manusia semakin banyak dari hari ke hari. Jumlah ini sejalan dengan semakin banyaknya jumlah energi yang dikonsumsi. Padahal ternyata penggunaan energy ini dapat menghancurkan lingkungan hidup.

Akan lebih baik jika anda mulai menggunakan lampu fluorescent untuk penerangan dirumah, mematikan lampu dan alat-alat yang membutuhkan listrik jika anda hendak meninggalkan rumah, dan menggunakan air dingin lebih banyak dibanding air hangat.

Anda juga harus menggunakan pemanas atau pendingin ruangan dengan bijaksana. Mengurangi suhu pada pemanas dan menaikkan suhu pada pendingin ruangan pun akan sangat membantu mengurangi jumlah energi yang anda pakai di rumah. Selain mengurangi energi yang terserap di rumah, anda juga bisa menghasilkan atau mengganti sumber energi yang anda gunakan selama ini.

Belakangan ini anda pasti pernah melihat beberapa gedung atau rumah yang menggunakan panel tenaga surya atau kincir angin yang digunakan untuk menggerakan turbin. Dua hal tersebut ternyata sangat baik untuk lingkungan. Mereka adalah contoh dari energi hijau. Walaupun dua teknologi tersebut sangat mahal, namun dampak yang diberikan terhadap lingkungan tidak berbahaya.

Hal termurah yang bisa anda lakukan adalah dengan memperhatikan label yang terdapat pada alat-alat rumah tangga yang menggunakan listrik. Anda harus memastikan bahwa mereka menggunakan listrik dengan kapasitas yang rendah. Hal ini sangat penting selain untuk menghemat energy tapi juga untuk menghemat uang anda.

Melestarikan air

Anda harus tahu bahwa anda tidak bisa hidup tanpa air. Lingkungan hidup pun membutuhkan air sama banyaknya seperti anda. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika anda mulai berhemat air karena air adalah sumber daya yang sangat terbatas.

Dalam berhemat air, anda bisa memulainya dengan melakukan hal-hal kecil berikut ini. Anda bisa memilih toilet dengan air pembersih yang memiliki daya semprot rendah. Penghematan ini bisa membantu anda mengurangi tagihan air yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Anda harus segera memperbaiki keran anda yang bocor. Tetesan air yang keluar dari kebocoran tersebut memberikan banyak kerugian bagi anda dan tentu saja bagi lingkungan. Selain itu, anda juga harus mematikan keran jika anda sedang menyikat gigi atau mencuci piring. Akan lebih baik dan hemat jika anda menggunakan mesin pencuci piring untuk menghemat air.

Anda bisa mulai menggunakan pancuran untuk mandi untuk mengurangi jumlah pemakaian air sehari-hari. Kurangi mandi dengan menggunakan air yang banyak di bak mandi akan sangat bijaksana bagi anda yang ingin melestarikan lingkungan hidup.

Penggunaan air hujan juga akan sangat membantu anda untuk menghemat air. Anda bisa menampung air hujan dan menggunakannya untuk menyirami tanaman atau mencuci mobil anda. Anda juga bisa mulai menggunakan air keran yang di masak terlebih dahulu untuk minum daripada menggunakan air dalam kemasan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s