Pencemaran Lingkungan dan Pencegahannya

Pencemaran Lingkungan

Bumi tempat kita tinggal merupakan planet yang paling sejuk, rindang dan luas pada jaman dahulu kala. Namun sekarang keadaan yang ada sudah tidak seperti dulu lagi, banyak sekali orang yang tidak tanggap terhadap lingkungan seperti pencemaran dan pembuangan sampah yang tidak semestinya, ditambah lagi dengan adanya pengeksploitasian alam secara berlebihan.

Dewasa ini banyak terjadi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh orang – orang yang tidak bertanggung-jawab dan kurang sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Mereka melakukan pencemaran lingkungan seperti dengan membuang limbah di sungai atau lautan, serta membuang sampah tidak pada tempatnya, sebagian besar dari mereka hanya menaruh sampah di tempat yang dekat dengan mereka tanpa memasukkan ke tempat sampah, sampah yang ada hingga akhirnya menjadi tercecer di jalanan dan membuat saluran air mampat bila musim hujan nantinya sehingga terjadilah banjir.

Indonesia harusnya menganut sistem seperti negara maju lainnya dengan mendenda orang yang membuang sampah sembarangan agar mereka kapok melakukan hal itu dan tidak melakukannya lagi, seperti kita lihat di negara maju adalah negara yang bersih bebas sampah dan bebas polusi.

Mereka juga telah menerapkan semboyan go green sejak dahulu kala sehingga negara mereka cukup terstruktur dan indah dipandang mata yang dapat memajukan potensi turisme di negara tersebut juga, banyak wisatawan asing yang tertarik untuk berkunjung kesana karena daya tarik keindahan negara nya serta kebersihan yang terpancar dalam negara tersebut.

Pencegahan Pencemaran Lingkungan

Pembuangan limbah di pabrik – pabrik besar juga seharusnya diolah dengan baik agar tidak terlalu berdampak besar bagi lingkungan, sehingga efek negatif bahan kimia tersebut cukup ter netralisir dan tidak terlalu membahayakan lingkungan, diusahakan untuk mengurangi nya seminimal mungkin.

Membuang sampah pada tempatnya seharusnya sudah diterapkan sejak kecil dan diajarkan pada sekolah dasar untuk selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga ketika nanti mereka telah remaja dan beranjak dewasa, mereka akan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak mencemari lingkungan.

Sekolah juga harus menghukum dan memberi sanksi bagi para siswa – siswi yang tidak membuang pada tempatnya, lama kelamaan mereka akan kapok dan mau menurut untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu pencemaran lingkungan ternyata juga berdampak panjang bagi bumi kita, seperti udara yang lama kelamaan makin memanas dan efek global warming.

Sebelum itu semua terjadi kita semua harus sadar diri sejak sekarang untuk menanggulangi efek tersebut dan menetralisir seminim mungkin. Berbagai seminar bertema go green yang telah ada mungkin memiliki efek bagi sebagian warga juga sehingga mereka dapat sadar lingkungan.

Mungkin juga perlu adanya penerapan untuk penggantian kendaraan ke bahan yang lebih hemat alam dan energi, sehingga tidak menghabiskan bensin yang ada di alam ini bisa dicari alternatif lain sebagai penggantinya sekaligus untuk mengurangi adanya polusi udara, sehingga udara di bumi ini dapat terasa sejuk lagi layaknya udara di pegunungan maupun di laut.

Mungkin perlu juga diperbanyak penempatan tempat sampah di jalan, sehingga warga tidak malas untuk membuang sampah karena banyak nya tempat sampah yang tersedia di pinggir jalan dan lebih teratur dalam membuang sampah serta mengaturnya menjadi dalam beberapa bagian yaitu jenis sampah kering dan sampah basah, dan juga dalam kategori sampah yang dapat didaur ulang. Pastikan menggunakan barang – barang yang dapat di daur ulang demi lingkungan ini.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s