Pengaruh Pemanasan Global Bagi Keberlangsungan Makhluk Hidup

Kerusakan Lingkungan dan Pemanasan Global memiliki kaitan yang sangat erat. Menurut anda, manakah dari kedua hal tersebut yang menjadi penyebab dan manakah yang menjadi akibat?

Apakah pemanasan global menjadi penyebab dari kerusakan lingkungan, ataukah kerusakan lingkungan yang menjadi penyebab dari pemanasan global?

Pemanasan global seperti yang mulai kita rasakan saat ini tidak akan terjadi tanpa adanya kerusakan lingkungan yang terus dibiarkan selama ini. Namun pemanasan global, yang terjadi akibat kerusakan lingkungan, menyebabkan kerusakan lingkungan yang jauh lebih parah lagi. Hal ini merupakan ancaman serius bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk di bumi ini.

Namun yang menjadi sebuah ironi adalah bahwa kerusakan lingkungan yang mengakibatkan pemanasan global yang memiliki dampak sangat berbahaya bagi manusia sebenarnya disebabkan oleh ulah sebagian besar manusia itu sendiri.

Manusia sebagai makhluk yang paling cerdas di muka bumi ini justru menggunakan kecerdasannya untuk mengambil manfaat dari bumi ini secara besar-besaran tanpa memperdulikan akibatnya kedepan. Sehingga sampailah kita sekarang ini pada titik di mana bumi mulai rusak dan mengancam keberlangsungan hidup kita semua. Ini menjadi sebuah pertanda bahwa cara kita memperlakukan bumi yang merupakan sumber kehidupan kita selama ini adalah salah.

Sehingga, kini saatnya kita sadar untuk memperbaiki pola hidup kita yang sebelumnya memberikan efek buruk bagi lingkungan menjadi pola hidup yang ramah lingkungan.

Untuk itu, kita perlu mewaspadai beberapa hal yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan sehingga menyebabkan pemanasan global yang semakin parah.

Hindari Efek Rumah Kaca

Ada beberapa faktor penyebab pemanasan global. Salah satunya yang termasuk paling dominan yaitu efek rumah kaca.

Yang dimaksud dengan efek rumah kaca di sini adalah menumpuknya gas seperti karbon dioksida, metana, uap air, sulfur, dan sebagainya di udara yang mengakibatkan pantulan energi panas dari matahari berkutat di dalam atmosfer dan tidak bisa keluar sehingga suhu di bumi menjadi semakin meningkat.

Kini, dapat kita rasakan sendiri bahwa suhu di bumi terus meningkat seiring dengan jumlah gas penyebab efek rumah kaca di udara yang juga semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh akibat dari berbagai macam aktifitas manusia di bumi selama ini. Mulai dari aktifitas transportasi, aktifitas industri, aktifitas rumah tangga dan masih banyak lagi.

Sebenarnya jika kita mau, kita bisa mengurangi dan mencegah efek rumah kaca ini sehingga pemanasan global dapat dikurangi dan dicegah.

Kita bisa memilih untuk menggunakan mode transportasi yang lebih ramah lingkungan. Kita juga bisa menghentikan aktifitas rumah tangga yang merugikan bagi lingkungan seperti penggunaan obat nyamuk maupun parfum semprot yang memperparah efek rumah kaca.

Selain itu, seluruh negara di dunia juga harus membatasi dan mengatur kegiatan industri sehingga efek rumah kaca dapat dikendalikan.

Dampak dari Efek Rumah Kaca

Kita harus serius dalam menangani masalah efek rumah kaca karena hal ini dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya. Salah satu dampak berbahaya yang bisa ditimbulkan oleh akibat dari efek rumah kaca yaitu berkurangnya jumlah luas daratan di muka bumi.

Manusia memerlukan daratan untuk menjamin keberlangsungan hidupnya. Maka jika jumlah luas daratan semakin berkurang, kehidupan manusia pun juga akan semakin terancam.

Akibat dari efek rumah kaca; suhu di bumi menjadi semakin meningkat. Ini akan memicu pencairan gunung-gunung es di kutub utara dan kutub selatan. Jika es mencair, maka secara otomatis jumlah air di bumi akan semakin meningkat sehingga menyebabkan banyak daratan yang akan berkurang karena tenggelam. Bisakah kita bayangkan jika jumlah luas daratan semakin sempit?

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s