Kerusakan Lingkungan Akibat Ulah Tangan Manusia

Jika kita membicarakan mengenai kerusakan lingkungan yang terjadi akibat ulah tangan manusia, maka banyak sekali contoh yang bisa menggambarkan bentuk kerusakan tersebut.

Ulah manusia yang serakah dan acuh terhadap lingkungan sekitar mereka membuat mereka mengeksploitasi kekayaan lingkungan yang dimilikinya secara membabi buta tanpa memilikirkan bahwa nantinya mereka akan memiliki anak cucu.

Jika sekarang kita mengeksploitasi alam dengan seenaknya, nantinya anak cucu kita akan hidup menderita karena bumi yang semakin menurun kualitasnya.

Disamping itu polusi juga akan semakin merajalela karena tanaman yang bertugas sebagai penetralisir polusi di udara sudah semakin kecil jumlahnya, sementara jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat. Pertanyaannya adalah, mau sampai kapan hal ini dibiarkan?

Masalah Sampah dan Terkurasnya Flora dan Fauna

Salah satu bentuk kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah tangan manusia adalah sampah. Sampah memiliki berbagai macam kerugian yang bisa berakibat negatif bagi manusia dan juga mahluk hidup lainnya.

Pertama, sampah bisa menyebabkan bau busuk dan ini sangat mengganggu bagi orang yang tinggal disekitarnya.

Kedua, sampah juga bisa mempercepat terjangkitnya penyakit. Mengingat sampah merupakan tempat berkumpulnya bakteri dan kuman yang berbahaya bagi manusia.

Ketiga, selokan dan aliran air menjadi tersumbat akibat sampah yang menumpuk dan ini bisa menimbulkan bencana banjir jika musim penghujan datang.

Keempat, sampah juga bisa merusak kenyamanan dan keindahan kota yang ada di sekitar kita.

Kerusakan lingkungan lainnya adalah terkurasnya flora dan fauna. Jika tidak ada yang menangani masalah ini kepunahan yang terjadi pada flora dan fauna langka tidak akan bisa terhindarkan.

Akibatnya, jaringan kehidupan akan menjadi terputus dan generasi berikutnya tidak akan bisa menemukan flora dan fauna tersebut lagi. Nama mereka akan tinggal menjadi legenda saja. Hal ini biasanya terjadi akibat perburuan liar yang dilakukan oknum tertentu, mereka berburu hewan-hewan yang langka untuk diambil kulitnya dan dibuat menjadi bahan baku pembuatan tas dan sebagainya.

Selain itu penebangan pohon secara liar juga bisa mengakibatkan kepunahan pada flora. Efek negatif lainnya dari penebangan liar adalah terjadinya pengikisan tanah dan erosi.

Pencemaran Udara, Pencemaran Tanah, dan Pencemaran Suara

Pencemaran dan polusi juga menjadi salah satu kerusakan lingkungan akibat manusia. Pencemaran yang terjadi ini biasanya terjadi karena jumlah kendaraan bermotor yang tidak terkendali diikuti oleh pabrik-pabrik yang setiap harinya membuang limbah sembarangan.

Jenis pencemaran ini terbagi lagi menjadi beberapa macam. Yaitu pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran suara.

Pencemaran udara biasanya bisa terlihat dari polusi dan asap yang tidak terkendali jumlahnya, hal ini bisa mengakibatkan sesak nafas dan penyakit kanker paru-paru.

Kemudian pencemaran tanah adalah sampah, seperti yang telah dijelaskan diatas.

Untuk pencemaran suara, ada beberapa contoh yang bisa kita temukan, diantaranya suara sirine kendaraan yang ada di perkotaan, suara mesin pabrik, dan lain sebagainya. Semua itu masuk dalam kategori pencemaran yang bisa memberikan dampak negatif bagi manusia itu sendiri.

Jika memang pencemaran bisa menimbulkan efek yang negatif, kenapa banyak manusia yang masih melakukannya? Pencemaran terjadi akibat manusia, namun nantinya mereka sendirilah yang menerima akibat dari pencemaran yang mereka lakukan tersebut.

Apa perlu adanya bukti terlebih dahulu baru mereka sadar bahwa apa yang mereka lakukan itu salah.

Manusia memiliki satu sifat dasar yang tidak bisa dihindarkan yaitu keinginan mereka untuk mendapatkan sesuatu yang lebih, inilah yang menyebabkan beberapa diantara mereka berinisiatif untuk melakukan pengrusakan lingkungan yang membabi buta.

About these ads

2 pemikiran pada “Kerusakan Lingkungan Akibat Ulah Tangan Manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s