Grand Canyon, Lembah Terindah di Amerika Serikat

Mungkin, bila kita mengunjungi Amerika Serikat, ada banyak tempat wisata atau tempat yang menarik yang bisa kita kunjungi. Akan tetapi, bila kita ingin menikmati keindahan alam yang diakui oleh dunia, Grand Canyon bisa menjadi pilihan utama.

Grand Canyon adalah lembah yang sudah berusia ratusan juta tahun. Tempat ini terbentuk karena pengaruh dan erosi oleh aliran angin dan air yang terus-menerus mengalir disekitar lembah. Hal ini menyebabkan bentuk Grand Canyon terlihat sangat indah dengan alur-alur horizontal disepanjang tebing yang menjulang tinggi disekitar lembah.

Pemandangan ini tampak seperti lapisan wafer yang mencapai lebih dari ratusan. Dan, hal ini menjadikan Grand Canyon sebagai tempat yang ideal untuk para paleontologist meneliti tentang keadaan kerak bumi dan apa saja yang terjadi dimasa lalu melalui lapisan-lapisan tanah di Grand Canyon. Grand Canyon juga bisa disebut sebagai salah satu lembah terbesar didunia.

Tempat ini mempunyai panjang 446 km dan lebar 29 km. Tinggi tebing di Grand Canyon bervariasi. Tinggi tebing-tebing ini berkisar antara 1,8 km. Meskipun sungai yang membentuk bentuk unik Grand Canyon sudah hilang, tetapi ada sisa sungai kecil yang masing mengalir di Grand Canyon.

Saat musim panas dan semi, tempat ini menjadi berwarna-warni. Vegetasi yang ditemukan ditempat ini sangat banyak dan bervariasi. Yang menarik dari Grand Canyon adalah cuaca. Cuaca di Grand Canyon dipengaruhi oleh tinggi tebing dan bagian dari Grand Canyon.

Untuk yang bagian hutan, bagian ini bisa bercuaca dingin dan bahkan bersalju. Untuk bagian yang berada diketinggian paling rendah di Grand Canyon bisa beriklim seperti gurun. Meskipun Grand Canyon mempunyai iklim yang berbeda-beda dibeberapa tempat, tapi, satu hal yang pasti, Grand Canyon adalah salah satu tempat di Amerika Serikat dimana kualitas udara disini masih terjaga.

Udara segar khas alam liar bisa kita temukan dan rasakan disini. Tetapi, ada kalanya udara terasa tidak enak, apabila terjadi kebakaran dihutan dibagian lain Grand Canyon atau ada badai yang menerbangkan debu dibagian gurun Grand Canyon.

Tempat ini menjadi salah satu warisan dunia karena keunikan keadaan alam yang bisa kita temukan disini. Selain itu, banyaknya sumber penelitian yang bisa ditemukan di tempat lawas ini membuat tempat ini menjadi sangat penting untuk dunia.

Selain keadaan alamnya yang memang sangat mengagumkan, banyak juga hal lainnya yang membuat situs ini menjadi warisan dunia, salah satunya adalah kebudayaan yang berkembang disini.

Sebelum bangsa Eropa datang ke Grand Canyon pada abad ke 16, penduduk yang bermukim disekitar Grand Canyon sebagian besar berasal dari suku Indian Sinagua. Dan setelah bangsa Eropa datang, terjadi asimilasi budaya dan melahirkan budaya baru yang bisa kita lihat dari bangunan-bangunan tua di sekitar Grand Canyon.

Grand Canyon yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa juga menjadi salah satu tujuan wisata. Para wisatawan bisa menjelajahi tempat ini dengan menyewa helikopter, atau untuk mereka yang lebih suka berpetualang, wisatawan juga dapat naik bus untuk menjelajahi Grand Canyon dari darat.

Rata-rata orang yang mencoba menjelajahi tempat ini dengan berjalan kaki dan bahkan ada beberapa tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat perkemahan. Akan ada banyak pengalaman seru yang bisa kita dapatkan di tempat ini dan pemandangan alam yang sangat indah yang tidak akan bisa kita temui ditempat lain diseluruh dunia.

Grand Canyon, Lembah Terindah di Amerika Serikat

Grand Canyon yang cetar membahana, Photo used under Creative Commons from Tony Kent

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s