Cara Asik Mengajar Grammar

Terkadang saat mengajar tenses grammar di kelas, kita akan menghadapi beberapa kendala. Mulai dari murid-murid yang mengantuk, melihat dengan pandangan kosong, dan satu atau dua anak yang bosan. Sebetulnya mengajarkan konsep grammar seperti tenses dapat sangat menantang, tetapi tenang saja, kita bisa membuat suasana ini menjadi menyenangkan dengan beberapa metode yang asik. Metode-metode ini dapat meningkatkan partisipasi murid di kelas dan membuat acara belajar-mengajar kita menjadi lebih efektif serta kelas akan menjadi lebih menarik lagi bagi para murid.

Celebrity grammar

Baik itu Tom Hanks, Angelina Jolie, maupun Megan Fox, sebuah profil selebriti terkenal dapat memberikan salah satu cara terbaik untuk mengajarkan past dan past perfect. Berilah setiap murid tugas rumah atau PR untuk mencetak informasi mengenai artis ataupun aktor yang disukainya dari internet, terus suruhlah masing-masing untuk menuliskan biografi singkat mengenai aktris atau aktor pilihannya dalam bahasanya sendiri. Kemudian setiap murid harus membacakan biografi yang sudah ditulis di depan kelas dan mengidentifikasi past tense dan past perfect yang digunakan. Untuk membuat kegiatan ini lebih menarik, tunjukkanlah foto dari masing-masing selebriti tersebut saat si murid membaca biografinya.

Say the tense

Kita akan membutuhkan sebuah bola untuk permainan ini. Mintalah murid-murid untuk berdiri melingkar. Teriakkanlah sebuah verb dan beritahukanlah bahwa murid yang menangkap bola untuk memberikan sebuah contoh past tense. Jika jawaban yang diberikan benar, maka dia tetap berada di lingkaran. Tapi sebaliknya, jika jawaban salah, maka dia harus kembali ke kursinya. Teruskan melempar bola sampai tersisa satu murid saja yang berdiri. Terakhir berikanlah hadiah terhadap yang menang. Aktivitas fisik seperti ini dapat membuat murid-murid tetap aktif dan memberikan perhatiannya kepada pelajaran serta membikin kelas menjadi lebih menyenangkan.

Boneka bercerita

Bercerita dapat memberikan kesempatan kepada kita untuk mengajarkan tenses grammar. Duduklah dengan para murid sambil membawa beberapa boneka, bisa hewan atau bisa juga manusia. Lalu bangunlah cerita berdasarkan boneka tersebut. Contohnya, kita bisa memulai cerita mengenai perempuan bernama Lala dan Berikan kesempatan kepada murid-murid untuk melanjutkan cerita kita menggunakan kalimat present tense.

Listen and say

Rekamlah sebuah berita, interview atau iklan dari televisi maupun radio, gunakan alat perekam atau Hp. Pilihlah bagian yang pendek, lalu mainkan rekaman tadi di kelas. Mintalah kepada para murid untuk mendengarkan secara seksama dan menuliskan dalam catatannya mengenai tenses yang digunakan dalam rekaman tersebut. Lantas biarkan para murid untuk mendiskusikan temuan mereka dan mengapa mereka memilih tenses yang digunakan.

Cara Asik Mengajar Grammar
Bu guru mengajar, Photo used under Creative Commons from Frontierofficial

About these ads

One thought on “Cara Asik Mengajar Grammar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s