10 Jenis Surat Bisnis Bahasa Inggris

Hal paling penting dalam menulis sebuah surat bisnis bahasa Inggris adalah Ketelitian. Dan Salah satu aspek dalam menulis surat bisnis yang membutuhkan ketelitian adalah mengetahui jenis surat yang akan digunakan. Setidaknya ada 10 jenis surat bisnis yang perlu anda ketahui.

Surat Komplain (Letter of Complaint).

Surat Komplain merupakan salah satu surat yang suka dipakai dalam sebuah hubungan bisnis. Jelaskanlah komplain anda dengan poin-poin dan berurutan secara sopan. Dengan tulisan yang sopan setidaknya dapat mengurangi rasa marah anda ketika menulis surat jenis ini.

Resume Cover Letter.

Surat ini biasanya menyertai CV lamaran kerja. Sebuah surat resume seharusnya ditulis singkat dengan satu tujuan yaitu membujuk atau merayu pembacanya mengenai isi yang ada dalam CV atau Curriculum Vitae. dalam menulis surat ini anda harus menyebutkan judul pekerjaan yang ingin didapatkan serta kemampuan atau skill anda yang berhubungan.

Surat Rekomendasi (Letter of Recommendation).

Sebuah surat rekomendasi pakai bahasa Inggris memberikan anda kesempatan untuk menggunakan beberapa kalimat yang benar-benar dipilih untuk mempengaruhi seseorang atau memberitahu seseorang mengapa anda begitu menghargai si orang ketiga. Hindarilah godaan untuk melebih-lebihkan kemampuan seseorang dalam menuliskan surat jenis ini, jujur dan obyektif adalah kuncinya.

Surat Berhenti Kerja (Resignation Letter)

Surat resmi pengunduran diri haruslah bersifat bijaksana. Hindarilah untuk menuliskan hal-hal yang akan merusak hubungan baik anda dengan penerima surat. Berikan alasan yang baik mengapa anda tidak bisa lagi bekerja di tempat yang sekarang.

Surat Pemberitahuan Tidak Diterima kerja

Dalam beberapa kasus anda perlu mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pelamar kerja bahwa dia tidak terpilih untuk mengisi posisi pekerjaan yang ada. Pada pembukaan surat tuliskanlah terimakasih untuk waktunya, puji dia akan pengalamannya atau pendidikan yang telah ditempuhnya dan jelaskan bahwa dia bukanlah yang dicari oleh perusahaan pada saat sekarang.

Surat tidak bisa mengikuti undangan makan malam (declining dinner invitation)

Merupakan sebuah surat bisnis yang bila tidak ditulis secara hati-hati akan sangat memalukan kita. Lanjutkanlah apresiasi anda terhadap undangan makan malam tersebut dan sebutkanlah bahwa anda telah ada janji lain di waktu tersebut. Jangan tuliskan detail acara yang akan anda lakukan.

Surat Menerima Hadiah (Reception of Gift)

Sangatlah sopan bila kita merespon seseorang yang telah memberikan hadiah dengan mengirimkan surat bisnis yang menjelaskan bahwa kita telah menerimanya. Lanjutkan rasa terimakasih kita untuk memberitahunya bahwa kita sangat menghargai hadiah yang telah diberikan. Bila memungkinkan tuliskanlah bahwa hadiah yang diterima benar benar berguna.

Surat Pemberitahuan Kesalahan (Notification of Error)

Dalam menulis surat bisnis yang memberitahukan pembacanya bahwa sebuah kesalahan pada dokumen telah diperbaiki, sebaiknya kita mengirimkan salinan dari dokumen yang salah itu. Bila perlu tawarkan tambahan salinan dokumen yang salah tersebut untuk dikirimkan.

Surat terimakasih atas diterimanya kerja (Thanks for job recommendation)

Sebuah surat kepada pihak yang telah memberikan bantuan sehingga kita diterima kerja haruslah bersifat profesional dan sopan. Selain itu, hindarilah terimakasih yang berlebihan. Dan sadarilah bahwa kita diterima kerja bukan hanya karena adanya bantuan dari pihak lain, tetapi terutama karena kemampuan kita juga.

Permintaan informasi (Information Request)

Surat mengenai permintaan informasi dalam bahasa Inggris haruslah dibuat secara detail dan mudah dimengerti. Sebutkan juga alasan dari meminta informasi tersebut. Tuliskan apresiasi anda terhadap kerjasama dan waktu yang telah diberikan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s